28.4 C
Manokwari
Senin, April 29, 2024
28.4 C
Manokwari
More

    Stok pangan aman, Gubernur: Warga tak perlu panik

    Published on

    Manokwari,Linkpapuabarat.com-Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengimbau warga tidak atas ketersediaan stok pangan menjelang hari raya Natal di daerah ini.

    “Masyarakat jangan panik lalu belanja melampaui kebutuhan. Belanja sewajarnya saja supaya stok tetap tersedia dan harga stabil,” imbau Gubernur, Jumat (5/12)

    Menurut Gubernur stok bahan pangan di Papua Barat aman menjelang Natal dan tahun baru, bahkan hingga beberapa bulan kedepan.

    Baca juga:  SK Wakil Ketua IV Tak Kunjung Terbit, DPR PB Pertimbangkan Tunda Bahas RAPBD 2023

    Dominggus menjelaskan pemerintah sedang berupaya menjaga agar pertumbuhan ekonomi dan inflasi tetap stabil di tengah pandemi COVID-19.

    “Kita berharap perekonomian Papua Barat diakhir tahun 2020 ada pertumbuhan. Disisi lain inflasi terjaga stabil,” ucap gubernur.

    Ia mengemukakan bahwa sejak awal pandemi Pemprov pun telah memantau ketersedian serta harga kebutuhan pokok. Hingga saat ini stok pangan di seluruh daerah Papua Barat cukup aman.

    Baca juga:  Percepat Penurunan Stunting, Dinsos Papua Barat Siap Salurkan BLT

    “Menjelang hari raya Idul Fitri lalu operasi pasar ditingkatkan tujuanya memastikan agar tidak ada kelangkaan. Terbukti saat itu semua barang tersedia dan menjelang Natal ini pun semua bahan pangan kebutuhan kita aman, jadi tidak perlu panik,” katanya.

    Mengantisipasi dampak pandemi terhadap ekonomi, Pemprov Papua Barat mengalokasikan sebagian APBD tahun 2020 untuk program bantuan ekonomi dan jaring pengaman sosial (JPS) bagi masyarakat.

    Baca juga:  Lamberthus Jitmau Lantik Empat Pengurus DPD Golkar Manokwari Raya

    “Bantuan tahap pertama sudah terealisasi 100 persen. Tahap kedua sekarang sedang berlangsung dan nanti akan ada tahap ketiga,” ucap Mandacan.

    Menjelang Natal Gubernur mengajak masyarakat menjaga stabilitas keamanan di wilayah masing-masing.”Kalau Kamtibmas terjaga aktivitas ekonomi masyarakat tidak terganggu dan pemerintah pun bisa membangun,” demikian Dominggus Mandacan.(LPB1/red)

    Latest articles

    Ketum MUI dan LDII Yakini Kebebasan Beragama adalah Identitas Bangsa

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Muhammad Anwar Iskandar dalam momentum Silaturahim Syawal dan Tausyiah Kebangsaan yang dihelat DPW LDII Jawa Timur...

    More like this

    Tekan Stunting, Pemprov Papua Barat Salurkan Sembako untuk Tambahan Gizi Balita

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemprov Papua Barat bersama Tim Satgas PPKES berkunjung ke Puskesmas Sangeng, Manokwari,...

    Hadapi Pilkada, Gerindra Papua Barat akan Survei dan Seleksi Internal Bakal Calon

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten , Kota dan Propinsi, DPD Partai Gerakan...

    Pj Gubernur Ali Baham: HUT Pekabaran Injil ke-70 Lembah Baliem Momentum Pengikat Persaudaraan

    WAMENA, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menghadiri rangkaian HUT ke-70 Pekabaran...