26.3 C
Manokwari
Rabu, Mei 15, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Bawaslu Teluk Bintuni Perpanjang Perekrutan Calon Pengawas TPS hingga Hari ini

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.Com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Teluk Bintuni memperpanjang masa perekrutan petugas pengawas TPS untuk Pemilu 2024. Perpanjangan berakhir, Senin hari ini (8/1/2024).

    “Waktu perekrutan sendiri ada masa perpanjangan yakni tanggal 7-8 Januari 2024. Kita berharap mendapatkan calon pengawas TPS yang sesuai kriteria,” ujar Ketua Bawaslu Teluk Bintuni, Sopiah Tokomadoran, Senin (8/1/2024).

    Baca juga:  Urusan Pekerjaan di Jakarta, Polres Manokwari Urung Periksa Rektor Unipa

    Adapun kriteria yang dimaksud Sopiah yakni pendaftar tidak boleh terafiliasi dengan parpol. Pengawas TPS adalah figur yang independen.

    Menurut Sopiah, jumlah calon pengawas yang akan direkrut disesuaikan dengan jumlah TPS yang tersebar di Kabupaten Teluk Bintuni. Yakni ada total 280 TPS.

    “Jadi satu TPS satu petugas pengawas,” jelasnya.

    Baca juga:  Gubernur Papua Barat Tekankan Pentingnya Pengelolaan Arsip di Pemerintahan

    Menurutnya selain tugas dengan fungsi, Bawaslu secara berjenjang hingga petugas pengawas di tingkat TPS, merupakan ujung tombak sebagai pengawas Pemilu. Sehingga harus benar-benar independen.

    Sopiah juga menjelaskan, untuk perekrutan petugas pengawas TPS, para pendaftar diutamakan mereka yang berdomisili di daerah tersebut. Tujuannya agar memudahkan proses pendaftaran.

    Baca juga:  Hari Ini, BPKAD Papua Barat Cetak KUA-PPAS

    “Mereka bisa secara langsung mendatangi kantor sekretariat Bawaslu yang berada di setiap Distrik di Kabupaten Teluk Bintuni. Tentu dengan membawa berkas yang sudah dipersyaratkan,” jelasnya.

    Untuk syarat yang harus dilengkapi, seperti kartu tanda pengenal (KTP), ijazah terakhir dan surat keterangan kesehatan yang dikeluarkan oleh puskesmas setempat.(LP5/Red)

    Latest articles

    IPA Convex 2024, Menteri ESDM Tekankan Pentingnya Ketahanan Energi di Hulu...

    0
    JAKARTA, Linkpapua.com- Kebutuhan energi yang terus meningkat mendorong industri hulu migas untuk mengamankan pasokan energi. Untuk itu, eksplorasi migas akan semakin digenjot demi mencapai...

    More like this

    IPA Convex 2024, Menteri ESDM Tekankan Pentingnya Ketahanan Energi di Hulu Migas

    JAKARTA, Linkpapua.com- Kebutuhan energi yang terus meningkat mendorong industri hulu migas untuk mengamankan pasokan...

    33 Calon Paswascam Teluk Bintuni Ikuti Tes Tertulis

    TELUK BITUNI, LinkPapua.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat,...

    Nama Tidak Tercantum, Wahidin Puarada Segera Bawa Dokumen Pendaftaran ke DPP PDIP

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Bakal calon gubernur Papua Barat, Wahidin Puarada, mengumumkan akan segera menyerahkan...