27 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
27 C
Manokwari
More

    Bupati Manokwari Tekankan Keselarasan Program APBD 2024 dengan Kebutuhan Masyarakat

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com — Bupati Manokwari, Hermus Indou, memperingatkan seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari untuk memastikan dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024, program yang diajukan harus benar-benar mengakomodasi kebutuhan masyarakat.

    Dalam pertemuan di Sasana Karya, Kantor Bupati Manokwari, Rabu (25/10/2023), Hermus menekankan pentingnya keselarasan antara program-program yang direncanakan dalam APBD 2024 dengan kebutuhan riil masyarakat serta kemampuan anggaran fiskal.

    Baca juga:  Jembatan Kali Kasi Putus, Bupati Hermus: Segera Dilaporkan ke Balai Bina Marga Papua Barat

    “Tujuan kita berkumpul di sini untuk menyamakan persepsi dan langkah terkait dengan program-program yang akan dimasukkan dalam APBD 2024. Kita harus menyelesaikan dokumen APBD 2024 pada November mendatang agar kita dapat menghindari sanksi,” ujarnya.

    Baca juga:  BI dan Pemkab Manokwari Tanam Padi Organik Berbasis MA 11, Upaya Kendalikan Inflasi Pangan

    Hermus juga menegaskan program-program yang diajukan harus selaras visi dan misi yang telah diimplementasikan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021—2026.

    “Program yang disusun jangan sifatnya subjektif untuk kepentingan tertentu. Harus bisa menjawab persoalan. Bedakan mana program pokok, mana program penunjang. Jangan sampai urusan administrasi lebih besar daripada program pokok,” katanya.

    Baca juga:  Breaking News: Masyarakat Segel Kantor Bupati Manokwari

    Dalam arahannya, Hermus menyoroti 10 isu strategis yang akan menjadi fokus pada 2024 nanti, termasuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), penurunan angka stunting dan kemiskinan ekstrem, pelaksanaan pesta demokrasi, pengendalian inflasi, percepatan pembangunan infrastruktur, peningkatan ketahanan energi, serta perencanaan pembangunan jangka panjang. (LP3/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...