26.3 C
Manokwari
Rabu, Mei 15, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Papeda Muncul di Google Doodle, Peringati Pengakuan sebagai Warisan Budaya Tak Benda

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Makanan khas dari wilayah Indonesia timur, papeda, muncul dalam Google Doodle, Jumat (20/10/2023).

    Kemunculan ilustrasi bubur sagu di laman pencarian Google bukan tanpa alasan. Hal ini berkaitan 20 Oktober delapan tahun silam ketika papeda secara simbolis ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 186/M/2015.

    Baca juga:  Papua Barat perpanjang PPKM, Mansel Level 2

    Sebenarnya keputusan papeda ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda jatuh pada 16 Oktober 2015 oleh Anies Baswedan yang kala itu menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

    Tak hanya papeda, ada 120 Warisan Budaya Tak Benda dari seluruh provinsi di Indonesia yang juga ditetapkan pada hari itu.

    Baca juga:  Kebijakan Menteri PANRB, PPPK Berhak Dapatkan Kenaikan Gaji Berkala dan Gaji Istimewa

    Akan tetapi, penetapan secara simbolis dengan penyerahan sertifikat pada masing-masing daerah dilakukan pada 20 Oktober 2015 di Gedung Kesenian Jakarta.

    Dilansir dari laman Indonesia.go.id, papeda adalah makanan khas masyarakat Papua, Maluku, dan beberapa daerah di Sulawesi. Berbahan dasar sagu, tekstur papeda menyerupai lem atau gel berwarna bening.

    Baca juga:  Dikabarkan Dicoret sebagai Bacaleg, Pendukung Obet Ayok Geruduk Kantor DPD PDIP Papua Barat

    Dalam bahasa Inanwatan atau Papua, papeda dikenal dengan sebutan ‘doo’. Sajian ini memiliki cita rasa tawar sehingga cocok jika disajikan dengan sup ikan tongkol kuah kuning. Selain itu, papeda juga kerap dinikmati dengan olahan sayur daun melinjo muda yang disebut sayur ganemo. (*/Red)

    Latest articles

    IPA Convex 2024, Menteri ESDM Tekankan Pentingnya Ketahanan Energi di Hulu...

    0
    JAKARTA, Linkpapua.com- Kebutuhan energi yang terus meningkat mendorong industri hulu migas untuk mengamankan pasokan energi. Untuk itu, eksplorasi migas akan semakin digenjot demi mencapai...

    More like this

    IPA Convex 2024, Menteri ESDM Tekankan Pentingnya Ketahanan Energi di Hulu Migas

    JAKARTA, Linkpapua.com- Kebutuhan energi yang terus meningkat mendorong industri hulu migas untuk mengamankan pasokan...

    33 Calon Paswascam Teluk Bintuni Ikuti Tes Tertulis

    TELUK BITUNI, LinkPapua.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat,...

    Nama Tidak Tercantum, Wahidin Puarada Segera Bawa Dokumen Pendaftaran ke DPP PDIP

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Bakal calon gubernur Papua Barat, Wahidin Puarada, mengumumkan akan segera menyerahkan...