28.1 C
Manokwari
Rabu, Mei 15, 2024
28.1 C
Manokwari
More

    Sorong Bidik Kemandirian Ekonomi lewat Inovasi Layanan Kesehatan Hewan

    Published on

    SORONG, LinkPapua.com – Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meyakini Kabupaten Sorong, Papua Barat, mampu mencapai kemandirian ekonomi melalui inovasi layanan kesehatan hewan.

    Hal ini sesuai dengan potensi yang dimiliki Sorong dalam bidang peternakan. Adapun inovasi milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong terkait layanan kesehatan hewan ternak diberi nama ALPEGAS.

    Inovasi non-digital itu berbentuk penggunaan alat pengaman oleh petugas kesehatan hewan berupa safety spuit. Alat itu diharapkan dapat meningkatkan target capaian pengobatan hewan ternak.

    Baca juga:  Dinkes Beberkan Pemicu Naiknya Tren Penyebaran HIV/AIDS di Teluk Bintuni

    “Kami yakin inovasi ini sudah diinisiasi sedemikian baik sesuai dengan kebutuhan masyarakat atau sesuai potensi dan karakteristik Sorong,” ungkap Kepala BSKDN Kemendagri, Yusharto Huntoyungo, dikutip laman resmi Kemendagri, Kamis (20/10/2023).

    Melalui inovasi ALPEGAS, bakal ada lebih banyak hewan ternak yang terselamatkan, sehingga populasinya makin meningkat. Tidak hanya itu, kualitas hewan ternak di Sorong juga akan semakin membaik.

    Baca juga:  Kemendagri Godok Calon Pj Gubernur PBD, DPR PB: Harus Orang Papua

    Hal ini tentunya akan berdampak terhadap peningkatan permintaan hewan ternak asal Kabupaten Sorong di pasar lokal maupun nasional.

    “Hewan ternak yang semakin berkualitas akan meningkatkan permintaan di pasaran, ini juga berdampak terhadap produk olahannya,” ujar Yusharto yang berkunjung langsung ke Sorong, Selasa (17/10/2023).

    Tidak menutup kemungkinan, kata Yusharto, hal ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Sorong.

    Baca juga:  Bapemperda DPR Papua Barat Desak Penyelesaian Produk Hukum di Kemendagri

    “Masyarakat tidak hanya akan beternak, tetapi juga memproduksi produk olahan dari peternakan mereka misalnya, ini bisa membuka peluang kerja yang lebih luas,” tuturnya.

    Sejalan dengan itu, ia terus memacu Pemkab Sorong untuk mematangkan penerapan inovasi ALPEGAS dan menciptakan inovasi lainnya sesuai dengan potensi yang dimiliki.

    “Ciptakan inovasi-inovasi lainnya untuk mendukung Kabupaten Sorong yang lebih mandiri dan sejahtera,” tuturnya. (*/Red)

    Latest articles

    IPA Convex 2024, Menteri ESDM Tekankan Pentingnya Ketahanan Energi di Hulu...

    0
    JAKARTA, Linkpapua.com- Kebutuhan energi yang terus meningkat mendorong industri hulu migas untuk mengamankan pasokan energi. Untuk itu, eksplorasi migas akan semakin digenjot demi mencapai...

    More like this

    IPA Convex 2024, Menteri ESDM Tekankan Pentingnya Ketahanan Energi di Hulu Migas

    JAKARTA, Linkpapua.com- Kebutuhan energi yang terus meningkat mendorong industri hulu migas untuk mengamankan pasokan...

    33 Calon Paswascam Teluk Bintuni Ikuti Tes Tertulis

    TELUK BITUNI, LinkPapua.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat,...

    Nama Tidak Tercantum, Wahidin Puarada Segera Bawa Dokumen Pendaftaran ke DPP PDIP

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Bakal calon gubernur Papua Barat, Wahidin Puarada, mengumumkan akan segera menyerahkan...