27.1 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
27.1 C
Manokwari
More

    Manajemen RSUD Teluk Bintuni Tegaskan Musnahkan Limbah Medis Sesuai SOP

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com — Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teluk Bintuni angkat bicara terkait penemuan limbah medis di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanah Merah, Distrik Bintuni, yang saat ini dalam proses penyidikan di Polres Teluk Bintuni.

    Plt. Direktur RSUD Teluk Bintuni, Ferdinand Mangalik, menegaskan rumah sakit telah mematuhi standard operating procedure (SOP) dalam pengelolaan limbah medis. Ia mengungkapkan RSUD Teluk Bintuni memiliki mesin pembakar sampah medis.

    Baca juga:  Kapolda Papua Barat Jamin Netralitas Jajarannya Pada Pemilu 2024

    “Rumah sakit memiliki mesin pembakar, maka otomatis sampah medis akan langsung dibawa ke tempat pembakaran sesuai dengan SOP yang telah kami tetapkan,” ujarnya, Rabu (18/10/2023).

    Ferdinand mengaku pihaknya juga telah bekerja sama dengan Polres Teluk Bintuni untuk mengklarifikasi terkait temuan limbah medis di TPA Tanah Merah.

    Baca juga:  Lantik 3 Kapolres, Kapolda Papua Barat Wanti-wanti Soal Keamanan

    Menurutnya, RSUD Teluk Bintuni telah melakukan internal inquiry dan memastikan tidak ada pelanggaran dalam pengelolaan limbah medis.

    Ferdinand menduga limbah medis yang ditemukan di TPA Tanah Merah mungkin berasal dari tempat praktik dokter atau puskesmas di sekitar Teluk Bintuni.

    Beberapa tempat praktik dokter dan puskesmas, kata dia, mungkin tidak memiliki mesin insinerator sendiri sehingga mereka kemungkinan membuang limbah medis di tempat lain.

    Baca juga:  Polres Teluk Bintuni Naikkan Status ke Penyidikan Kasus Limbah Medis TPA Tanah Merah

    “Pengolahan limbah medis di lingkungan RSUD Teluk Bintuni telah mematuhi SOP yang berlaku, termasuk penggunaan mesin pembakar sampah. Salah satu persyaratan untuk mendapatkan akreditasi paripurna dari lembaga independen adalah memiliki fasilitas pengelolaan limbah medis yang sesuai dengan standar,” ungkapnya. (LP5/Red)

    Latest articles

    Hermus Apresiasi Peran KKST Dukung Pembangunan Manokwari

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Bupati Manokwari, Hermus Indou, menghadiri pelantikan dan rapat kerja (raker) Kerukunan Keluarga Sulawesi Tenggara (KKST) Manokwari pengurus periode 2023-2028, Minggu (19/5/2024). Hermus...

    More like this

    Hermus Apresiasi Peran KKST Dukung Pembangunan Manokwari

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Bupati Manokwari, Hermus Indou, menghadiri pelantikan dan rapat kerja (raker) Kerukunan...

    Setelah Dilantik, Anggota PPD se-Manokwari Ikuti Orientasi Tugas

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan Panitia Pemilihan Distrik (PPD) se Manokwari mengikuti masa orientasi tugas yang...

    Petrus Kasihiw Komitmen Dampingi AFU di Pilgub Papua Barat Daya

    SORONG, LinkPapua.com - Petrus Kasihiw menyatakan komitmennya mendampingi Abdul Faris Umlati (AFU) sebagai bakal...