28.3 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
28.3 C
Manokwari
More

    493 pengawas TPS siap kawal Pilkada Manokwari

    Published on

    Manokwari,Linkpapuabarat.com- Sebanyak 493 pengawas tempat pemungutan suara (PTSP) telah disiapkan Bawaslu untuk mengawal Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Manokwari.

    Anggota Bawaslu Kabupaten Manokwari, Nur Laila Muhammad, Jumat (20/11) mengutarakan bahwa pihaknya mengupayakan pengawasan pada Pilkada tahun ini lebih maksimal

    “Ada 493 TPS di Manokwari, pada pelaksanaan pemungutan suara nanti satu orang akan mengawasi satu TPS,” kata Nur Laila.

    Baca juga:  Bawaslu Ungkap Indikator TPS Rawan di Papua Barat: Tak Ada Internet-Listrik

    Pengawas TPS Bawaslu Manokwari telah dilantik pada 16 November lalu mereka pun telah menjalani bimbingan teknis (Bimtek). Untuk mengoptimalkan kinerja para pengawas, Bawaslu pun memberikan bimbingan teknis sebanyak dua kali.

    “Bimtek pertama sudah kita lakukan setelah mereka dilantik. Bimtek kedua kita laksanakan nanti tanggal 3 Desember,” katanya.

    Ia berharap setiap pengawas memahami seluruh tugas dan tanggungjawabnya selama berada di TPS. Pada 9 Desember nanti mereka ditekankan untuk memantau, mencatat dan mendokumentasikan seluruh kejadian di TPS.

    Baca juga:  Gelombang Pasang Terjang Kawasan Pantai Maruni, Talud Jebol

    Laila juga menekankan agar seluruh pengawas netral dalam melaksanakan tugas. Peran mereka besar dalam menyukseskan pesta demokrasi ini.

    “Kami pun akan terus memantau, apabila terdapat pengawas TPS kami yang merupakan bagian dari tim sukses akan segera kami ganti hari itu juga,” ujarnya.

    Baca juga:  Tanah Rubuh Masih Bebas Covid-19, Puskesmas Terus Gencarkan Sosialisasi

    Laila menambahkan bahwa pihaknya telah menyiapkan formulir pengawasan. Setiap pengawas wajib mengisinya sesuai dinamika yang terjadi selama berada di TPS.

    Bawaslu Manokwari, kata dia, sudah siap melakukan pengawasan tahap pemungutan suara hingga rekapitulasi di kantor KPU Manokwari. (LPB1/red)

    Latest articles

    Setelah Dilantik, Anggota PPD se Manokwari Ikuti Orientasi Tugas

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan Panitia Pemilihan Distrik (PPD) se Manokwari mengikuti masa orientasi tugas yang dipusatkan di Makodim 1801/Manokwari. Pelepasan orientasi dilakukan oleh Ketua Komisi...

    More like this

    Setelah Dilantik, Anggota PPD se Manokwari Ikuti Orientasi Tugas

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan Panitia Pemilihan Distrik (PPD) se Manokwari mengikuti masa orientasi tugas yang...

    Pasca Autopsi, Penyebab Meninggalnya Yahya Mulai Terkuak

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Misteri penyebab meninggalnya Yahya Sayori yang ditemukan meninggal dunia di hutan Anggori...

    Polresta Manokwari Simulasi Pengamanan Pilkada 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Polresta Manokwari melaksanakan simulasi pengamanan pemilihan kepala daerah Manokwari pada Kamis (16/5/2024)...