27.4 C
Manokwari
Jumat, Mei 10, 2024
27.4 C
Manokwari
More

    Festival Seni Budaya 2023, Kaimana Pamer Keripik Petatas Ungu hingga Ikan Tuna

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – UMKM Kabupaten Kaimana turut ambil bagian dalam Festival Seni dan Budaya 2023 yang digelar di Manokwari. Mereka memamerkan sejumlah penganan khas Kaimana seperti keripik petatas ungu, tepung sagu, keripik pisang hingga ikan tuna.

    Produk-produk UMKM ini mendapat cukup banyak animo dari pengunjung. Selain pengolahannya yang masih sangat konvensional, camilan Kaimana juga disebut sudah menembus pasar nasional.

    Baca juga:  Gubernur Sambut Baik Safari Ramadhan MUI Papua Barat

    Yuliana Surfefa, salah seorang pengelola produk makanan Kaimana mengatakan, semua produk yang ia tampilkan dibuat secara manual. Ia mengaku belum menggunakan mesin atau alat-alat modern.

    “Saya sudah pernah meminta pada pemerintah Provinsi Papua Barat agar kami bisa dibantu dengan mesin yang lebih canggih untuk menunjang produk-produk kami. Karena selama ini kami kerjakan secara manual”, jelasnya, Selasa (10/10/2023).

    Baca juga:  Vaksin Covid-19 Tiba di Papua Barat Pekan Depan

    Hanya saja, sampai saat ini kata Yuliana, mereka belum mendapatkan bantuan alat. Padahal, produk olahan Kaimana sudah menembus pasar dalam negeri.

    “Selama ini kami membawa nama baik Papua Barat ke ajang Nasional. Produk kami sudah sering tampil di even nasional. Cuma itu tadi, kami masih terkendala dalam hal produksi,” tuturnya.

    Baca juga:  Kejati Usut Dugaan Korupsi di Disnakertrans Papua Barat, Segera Tetapkan Tersangka 

    Yuliana berharap agar pemerintah mau memperhatikan pengusaha kecil UKM seperti mereka. Terutama untuk menunjang produk yang telah dipasarkan hingga ke luar provinsi.

    “Produk-produknya kami sudah banyak dikirim keluar kota seperti Manokwari, Jayapura dan Jawa”, ujarnya. (LP12/red)

    Latest articles

    PPP Usung Kadernya Dampingi Hermus di Pilkada Manokwari  

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Syahruddin Makki Jumat (10/5/2024) mendaftar ke sekretariat DPD Partai Demokrasi Indonesia (PDI-Perjuangan) Papua Barat sebagai calon Wakil...

    More like this

    PPP Usung Kadernya Dampingi Hermus di Pilkada Manokwari  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Syahruddin Makki Jumat (10/5/2024) mendaftar ke sekretariat...

    Satgas TMMD Percepat Pembangunan Rumah Layak Huni di Kampung Jabore Teluk Wondama

    TELUK WONDAMA, LinkPapua.com - Satgas TMMD ke-120 dari Kodim 1811/Teluk Wondama bergerak cepat dalam...

    Hermus Indou Tinjau Pasar Sanggeng, Optimis Rampung Tepat Waktu

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Untuk melihat sejauh mana progres pembangunan pasar Sanggeng, Bupati Manokwari Hermus Indou...