27.4 C
Manokwari
Jumat, Mei 10, 2024
27.4 C
Manokwari
More

    Harga Pangan Naik, Yacob Fonataba: Jangan Cuma Makan Nasi, Berkebun Juga

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Penjabat Sekretaris Daerah ( Sekda) Yacob Fonataba mengingatkan masyarakat akan naiknya harga pangan di tengah fenomena El Nino yang berkepanjangan. Menurut Yacob, harus ada solusi jangka pendek untuk mengantisipasi gejolak harga.

    “Jika Jawa dan Sulawesi sudah turun produksi padinya, otomatis persediaan beras nasional akan terbatas. Stok terbatas akan memicu kenaikan harga,” kata Yacob saat menghadiri launching Gerakan Peduli Masyarakat Papua Penuh Damai di tingkat Gemar Papeda di Masjid Ridwanul Bakhri Fasharkan, Manokwari, Jumat (6/10/2023).

    Baca juga:  Gubernur Papua Barat Tekankan Pentingnya Pengelolaan Arsip di Pemerintahan

    Menurut Yacob, kondisi ini harus diantisipasi. Ia mengatakan, harga pangan tak bisa distabilisasi jika produksi menurun.

    Kemarin kata dia, beras premium mulai mengalami kenaikan. Meski kenaikannya masih relatif kecil, tetapi tetap akan memengaruhi saya beli masyarakat.

    Baca juga:  Tanda Tangani NPHD, Pemprov Papua Barat Hibahkan Rp200 Miliar untuk KPU

    “Kemarin saya sidak di gudang distributor, harga beras premium yang tadinya 15 ribu sudah mengalami kenaikan menjadi 16 ribu. Nanti bisa naik lagi jika produksi beras menurun”, ujarnya.

    Selaku Kepala Dinas Pertanian di Provinsi Papua Barat, Ia mengajak agar masyarakat mau berkebun. Menanam cabai, tomat, keladi dan betatas. Diversifikasi pangan menu harus diutamakan.

    Baca juga:  Pj Gubernur Papua Barat: 512 Honorer Siap Diangkat Jadi ASN

    “Jangan hanya makan nasi, bapak dan ibu juga harus berkebun”, ungkapnya.

    yacob juga mengajak masyarakat agar lebih memilih produk produk lokal. Sebab produk lokal tak kalah berkualitas dan tentu akan membangkitkan ekonomi kerakyatan.

    “Ko top kalau ko beli produk-produk lokal mama-mama Papua,” imbuh Yacob. (LP12/red)

    Latest articles

    PPP Usung Kadernya Dampingi Hermus di Pilkada Manokwari  

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Syahruddin Makki Jumat (10/5/2024) mendaftar ke sekretariat DPD Partai Demokrasi Indonesia (PDI-Perjuangan) Papua Barat sebagai calon Wakil...

    More like this

    PPP Usung Kadernya Dampingi Hermus di Pilkada Manokwari  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Syahruddin Makki Jumat (10/5/2024) mendaftar ke sekretariat...

    Satgas TMMD Percepat Pembangunan Rumah Layak Huni di Kampung Jabore Teluk Wondama

    TELUK WONDAMA, LinkPapua.com - Satgas TMMD ke-120 dari Kodim 1811/Teluk Wondama bergerak cepat dalam...

    Hermus Indou Tinjau Pasar Sanggeng, Optimis Rampung Tepat Waktu

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Untuk melihat sejauh mana progres pembangunan pasar Sanggeng, Bupati Manokwari Hermus Indou...