25.9 C
Manokwari
Jumat, Mei 10, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Pemprov Papua Barat Dorong Program Ekonomi Kerakyatan Bangkit dari Mama-mama Papua

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Pj Sekda Provinsi Papua Barat Yacob Fonataba menghadiri launching Gerakan Peduli Masyarakat Papua Penuh Damai di tingkat Gemar Papeda di Masjid Ridwanul Bakhri Fasharkan, Manokwari, Jumat (6/10/2023). Di kesempatan itu, Yacob menyinggung harmonisasi dan kebangkitan ekonomi kerakyatan Papua Barat.

    “Harmoni sosial dan kerukunan umat beragama adalah fungsi utama untuk membangun kesejahteraan dan keadilan dalam bingkai NKRI yang tertuang dalam UUD 1945,” ujar Yacob Fonataba saat membacakan sambutan Pj Gubernur Papua Barat.

    Baca juga:  Pertamina Patra Niaga Sidak Rutin Pemeriksaan Sarana Fasilitas di SPBU Sorong

    Menurutnya, kebijakan pemerintah melalui Otonomi Khusus untuk Provinsi Papua Barat merupakan kebijakan yang berorientasi kesejahteraan. Otsus memberi rasa percaya, optimisme dan produktivitas terutama bagi orang asli Papua,

    “Negara memberikan Papua Barat kekhususan melalui 3 pendekatan yakni perlindungan, apermatif, dan pemberdayaan yang mencakup tiga garis utama yaitu pendidikan, kesehatan dan ekonomi,” terang Yacob.

    Ia menjelaskan salah satu tujuan pokok dari otsus adalah membangkitkaan ekonomi Papua Barat. Menurut Yacob, percepatan pembangunan ekonomi kerakyatan tersebut akan jauh lebih efektif diarahkan ke pemberdayaan ekonomi dari usaha-usaha yang dilakukan oleh mama-mama Papua.

    Baca juga:  Pansus DPR PB Revisi Undang Gelar Sosialiasi Pokir Sejumlah usulan draf RPP UU Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otsus di Oransbari

    Dan fakta menunjukkan bahwa peran mama-mama ini sangat besar dalam menopang ekonomi keluarga. Dalam aktivitas perdagangan yang mereka lakukan di pasar, bahkan di pinggir jalan.

    “Semakin besar perolehan dari usaha yang dikembangkan oleh mama-mama Papua maka tingkat kesejahteraan keluarga akan semakin meningkat. Sehingga jarak kesenjangan, sosial antara orang Papua dan masyarakat Nusantara lainnya bisa diperkecil,” jelasnya.

    Baca juga:  Peringatan HUT Ke-125, Pj Gubernur Ali Baham Dukung Pembangunan Strategis Pemkab Manokwari

    Karena itu Yacob berharap, program pemerintah bisa diarahkan untuk menunjang mama mama Papua. Dengan demikian ada tanggung jawab yang besar dan strategis pemerintah khususnya pemerintah kabupaten dan berbagai lembaga keagamaan dan masyarakat di Papua untuk melakukan terobosan. (LP12/red) 

    Latest articles

    Syahruddin Makki Diminta Menjadi Calon Wakil Bupati Manokwari 

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Warga Pasuruan Jawa Timur yang domisili di Kabupaten Manokwari menyatakan dukungan kepada Syahrudin Makki tokoh Sulawesi Selatan untuk mencalonkan diri sebagai Calon Wakil...

    More like this

    Syahruddin Makki Diminta Menjadi Calon Wakil Bupati Manokwari 

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Warga Pasuruan Jawa Timur yang domisili di Kabupaten Manokwari menyatakan dukungan kepada Syahrudin...

    Paul Finsen Mayor Dukung Septinus Lobat Jadi Calon Wali Kota Sorong

    SORONG, Linkpapua.com-Anggota DPD RI terpilih periode 2024-2029 Dapil Papua Barat Daya, Paul Finsen Mayor,...

    Musrembang RKPD Bintuni, Konsolidasi Rencana Pembangunan 2025

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Pemkab Teluk Bintuni melalui Bappelitbangda Teluk Bintuni menggelar Musrembang RKPD...