26.4 C
Manokwari
Jumat, Mei 10, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Dewan Adat Papua : Calon Pj Gubernur Papua Barat tak Mutlak Harus OAP

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com – Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Wilayah III Doberay, Keliopas Meidodga mendukung pemerintah pusat untuk menentukan calon Pj Gubernur Papua Barat berdasarkan kapasitas dan rekam jejak. Menurutnya, calon pj tidak harus OAP, yang penting bisa bekerja untuk orang banyak.

    “Kita tetap taat pada aturan dan tidak perlu memaksakan diri harus OAP untuk kepentingan tertentu dan malah bisa memicu konflik horizontal. Lebih baik non-OAP agar di tengah posisinya dan tidak berpotensi menimbulkan kecurigaan,” ujar Meidodga, Jumat (6/10/2023).

    Baca juga:  Pesan Waterpauw di Festival Seni Budaya 2023: Berkompetisi yang Sehat

    Menurut dia, tidak ada perbedaan secara prinsip antara OAP dan non-OAP. Kata Meidodga, non-OAP juga tak masalah asal bisa menjaga netralitas.

    Baca juga:  Resmikan Rumah Pastor GKI Manyosi, Gubernur: Provinsi Sejahtera Karena Ada Para Hamba Tuhan Yang Berdoa

    “Karena ini menjelang tahun politik jadi pusat harus benar-benar selektif mendengar suara akar rumput. Bukan hanya perwakilan tertentu yang mungkin malah tidak mewakili suara kebenaran,” ungkapnya.

    Senada dengannya, tokoh adat Matias Makambak juga sepakat, figur non-OAP bukan pertimbangan mutlak dalam memilih calon pj gubernur. Calon pj harus orang yang punya rekam jejak bersih dan berkomitmen untuk kepentingan rakyat.

    Baca juga:  BMP2I: Yacob Fonataba Layak Jadi Pj Gubernur Papua Barat

    “Tentunya yang memenuhi syarat. Salah satunya bapak Valentinus Sudarjanto Sumito. Beliau sudah pernah menjabat sebagai Pj Sekda Papua Tengah dan Pj Bupati Mimika dan beliau juga sangat layak untuk menjadi Pj Gubernur Papua Barat saat ini,” imbuhnya. (*/red)

    Latest articles

    Syahruddin Makki Diminta Menjadi Calon Wakil Bupati Manokwari 

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Warga Pasuruan Jawa Timur yang domisili di Kabupaten Manokwari menyatakan dukungan kepada Syahrudin Makki tokoh Sulawesi Selatan untuk mencalonkan diri sebagai Calon Wakil...

    More like this

    Syahruddin Makki Diminta Menjadi Calon Wakil Bupati Manokwari 

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Warga Pasuruan Jawa Timur yang domisili di Kabupaten Manokwari menyatakan dukungan kepada Syahrudin...

    Paul Finsen Mayor Dukung Septinus Lobat Jadi Calon Wali Kota Sorong

    SORONG, Linkpapua.com-Anggota DPD RI terpilih periode 2024-2029 Dapil Papua Barat Daya, Paul Finsen Mayor,...

    Musrembang RKPD Bintuni, Konsolidasi Rencana Pembangunan 2025

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Pemkab Teluk Bintuni melalui Bappelitbangda Teluk Bintuni menggelar Musrembang RKPD...