27.2 C
Manokwari
Rabu, Mei 22, 2024
27.2 C
Manokwari
More

    Manokwari Inflasi 5,26 Persen September 2023, Tertinggi di Sulampua

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Manokwari mencatat pada September 2023 terjadi inflasi year on year (yoy) di Manokwari 5,26 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) 119,96.

    Dikutip LinkPapua.com dari berita resmi statistik (BRS), Selasa (3/10/2023), dari 21 kota IHK di wilayah Sulawesi Maluku Papua (Sulampua), inflasi tertinggi terjadi di Manokwari. Sementara, inflasi terendah terjadi di Gorontalo dan Manado sebesar 1,16 persen dengan IHK masing-masing sebesar 113,23 dan 113,96.

    Baca juga:  Peringati HUT Manokwari Ke- 122, Pjs Bupati Ziarah ke Makam Sejumlah Mantan Pejabat

    Inflasi yoy di Manokwari terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan naiknya seluruh indeks kelompok pengeluaran, yaitu kelompok makanan, minuman, dan tembakau 10,21 persen; kelompok transportasi 6,49 persen; serta kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran 5,49 persen.

    Baca juga:  Polda PB Gagalkan Penyelundupan 2 Karung Ganja di Manokwari

    Lalu, kelompok kesehatan 4,63 persen; kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya 3,83 persen; kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 2,18 persen; serta kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga 1,82 persen.

    Kemudian, kelompok pendidikan 1,12 persen; kelompok pakaian dan alas kaki 0,54 persen; kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan 0,39 persen; dan kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga 0,11 persen.

    Baca juga:  Belum Ada Wakil Ketua IV, Perubahan AKD DPR Papua Barat Tertunda

    “Tingkat inflasi month to month (mtm) September 2023 mengalami deflasi sebesar 1,70 persen dan tingkat inflasi year to date (ytd) September 2023 sebesar 1,60 persen,” tulis BPS Manokwari. (*/Red)

    Latest articles

    Buka Rakernis Fungsi Binmas, Kapolda Papua Barat Ingatkan Soal Pengamanan Pilkada...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat , Irjen Pol Johnny Eddizon Isir, S.I.K., M.T.C.P. membuka pelaksanaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Pembinaan Masyarakat (Binmas) dalam...

    More like this

    Buka Rakernis Fungsi Binmas, Kapolda Papua Barat Ingatkan Soal Pengamanan Pilkada  

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat , Irjen Pol Johnny Eddizon Isir, S.I.K., M.T.C.P. membuka...

    Mendagri Terbitkan SE Pilkada Serentak 2024: Imbau Kepala Daerah Jaga Stabilitas, Libatkan Semua Pihak

    JAKARTA, LinkPapua.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menerbitkan Surat Edaran (SE)...

    Tokoh Pemuda Sorsel Serukan Kesempatan Pimpin Daerah

    SORSEL, Linkpapua.com - Tokoh pemuda Sorong Selatan (Sorsel), Ronal Serkadifat, bersama para intelektual muda...