26.7 C
Manokwari
Senin, Mei 6, 2024
26.7 C
Manokwari
More

    Imbas Pandemi, Permintaan Kartu Kuning Kerja di Manokwari Menurun Drastis

    Published on

    Manokwari,Linkpapuabarat.com –Permintaan kartu kuning kerja atau AK 1 di kabupaten Manokwari mengalami penurunan yang signifikan selama pandemi merebak.

    Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Kerja Disnakertrans Manokwari, Mukrianto mengatakan imbas pandemi membuat tren permintaan kartu kuning menurun. Kondisi ini tidak terlepas dari minimnya lowongan kerja (loker) yang dibuka oleh perusahaan di Manokwari.

    Baca juga:  Politisi Gerindra Ini Minta Pemda Manokwari Maksimalkan Pelayanan Kepada Masyarakat

    “Kita amati minimnya permintaan untuk pengurusan kartu kuning karena lowongan pekerjaan dari perusahaan-perusahaan yang terdampak pandemi covid-19 juga minim. Apalagi malahan ada perusahaan yang mengurangi jumlah karyawannya. Selama ini memang kartu kuning itu sebagai syarat jika ada perusahaan yang membuka lowongan kerja,” terang Mukrianto.

    Dijelaskan Mukrianto, sebelum pandemi permintaan pengurusan kartu kuning bisa mencapai ratusan.

    Baca juga:  BPK Kembalikan LKPD Pemkab Manokwari, Diminta Lakukan Perbaikan

    “Kalau normal bisa lebih dari seratus pencaker yang mengurus kartu kuning. Tetapi sejak pandemi tidak menentu, bahkan pernah juga dalam sehari tidak ada yang mengurus kartu kuning. Dalam kondisi seperti ini tentu perusahaan berusaha melakukan efisiensi karyawannya agar tetap bisa berjalan baik,”ungkapnya.

    Baca juga:  Bantu Korban Kebakaran di Kota Sorong, FJPI Manokwari Galang Dana

    Mukrianto menambahkan saat ini pelaku usaha mulai berakvitas normal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan maupun peraturan bupati yang mengatur waktu operasi.

    “Pelaku-pelaku usaha mulai aktif kembali sehingga karyawannya juga kembali bekerja. Ada juga yang mengurangi jam kerja karyawannya. Tinggal perusahaan atau pelaku usaha mengatur manajemennya dimasa pandemi ini,”tutupnya. (LPB3/red)

    Latest articles

    Sosialisasi B2SA di Fakfak, Pj Ketua PKK Papua Barat Tekankan Pola...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat menggelar sosialisasi B2SA bertajuk Goes To School di Kabupaten Fakfak, Sabtu (4/5/2024). Kegiatan ini digelar sebagai...

    More like this

    Rawat Keberagaman, KB-TK Kemala Bhayangkara 06 Manokwari Gelar Halal bi Halal 

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Keluarga besar Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak (KB-TK) Kemala Bhayangkari 06...

    KPU Manokwari Bersama Forkopimda Bahas Kesiapan Pilkada Serentak 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari menggelar Rapat Koordinasi (Rakor)tahapan pemilihan kepala daerah...

    Ikaswara Sodorkan 2 Figur Dampingi Hermus Indou di Pilkada 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Jelang konstalasi politik pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 27 November 2024, Ikatan...