27.2 C
Manokwari
Jumat, Mei 17, 2024
27.2 C
Manokwari
More

    DPR Papua Barat Mulai Bahas RAPBD-P 2023 Pekan Depan

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Badan Musyawarah (Bamus) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua Barat telah menetapkan jadwal untuk memulai proses pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) 2023.

    Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor, mengungkapkan tahapan-tahapan penting dalam proses ini akan dimulai pada 4 September 2023 mendatang. Dimulai dengan penyerahan materi RAPBD-P 2023.

    Agenda ini akan berlangsung hingga 6 September 2023 dengan fokus pada rapat dengar pendapat (RDP) antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan DPR terkait dengan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) perubahan tahun anggaran 2023.

    Baca juga:  Bikers Day Presisi 2022, Hermus Harap tak Ada Lagi Ugal-ugalan di Jalan

    Kemudian, 7 September 2023 rencananya akan diadakan sidang paripurna untuk penandatanganan KUA-PPAS. Kemudian, 8 – 12 September 2023 akan dilaksanakan kegiatan lapangan pengawasan pelaksanaan APBD 2023.

    “Mulai Senin sampai Rabu rapat dengar pendapat TAPD dan DPR terkait dengan KUA-PPAS perubahan 2023. Hari Kamis paripurna penandatanganan KUA-PPAS. Kemudian Jumat sampai Selasa kegiatan lapangan pengawasan APBD 2023,” ujar Wonggor kepada wartawan di salah satu hotel di Manokwari, Kamis (31/8/2023).

    Baca juga:  Vaksinasi COVID-19 Tahap Satu Papua Barat untuk 3.367 Nakes Tiga Daerah

    Tahapan berikutnya akan berlangsung pada 13 – 15 September 2023. RDP akan dilakukan antara komisi-komisi terkait dan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat untuk mendapatkan keterangan terkait pelaksanaan program 2023.

    Kemudian, 18 September paripurna akan dilaksanakan untuk memberikan pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD-P 2023.

    Baca juga:  Pekerja di Tangguh LNG 70 Persen Orang Asli Papua, Wonggor: Bukti Keberpihakan

    Selanjutnya, pada rentang 20 – 25 September 2023, pihak eksekutif akan melakukan evaluasi mendalam terhadap RAPBD-P di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

    Jadwal yang telah disusun ini, kata Wonggor, akan segera diserahkan kepada Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw. Ia berharap agar seluruh jajaran DPR Papua Barat dapat sepenuhnya terlibat dalam setiap tahapan ini. (LP9/Red)

    Latest articles

    Bawaslu RI Konsolidasi Media Penguatan Pemberitaan Pilkada Serentak 2024

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar konsolidasi media dalam rangka penguatan pemberitaan pada tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak, Kamis (17/5/2024).   Acara...

    More like this

    Bawaslu RI Konsolidasi Media Penguatan Pemberitaan Pilkada Serentak 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar konsolidasi media dalam rangka penguatan...

    Pasca Autopsi, Penyebab Meninggalnya Yahya Mulai Terkuak

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Misteri penyebab meninggalnya Yahya Sayori yang ditemukan meninggal dunia di hutan Anggori...

    KPU Teluk Bintuni Nyatakan Berkas 2 Bapaslon Independen TMS

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - KPU Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, menyatakan berkas dukungan dua...