28.9 C
Manokwari
Senin, Mei 13, 2024
28.9 C
Manokwari
More

    Papua Barat Tuan Rumah Rakor Fordasi 2023, Fokus Bahas Pembangunan dan Desentralisasi

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Provinsi Papua Barat menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Desentralisasi Asimetris Indonesia (Fordasi) 2023. Hajatan akbar ini rencananya akan berlangsung 25-27 September mendatang.

    Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Barat, Yacob S. Fonataba, mengatakan Biro Pelaksanaan Otonomi Khusus (Otsus) sudah menyusun term of reference (TOR) atau kerangka acuan terkait agenda nasional ini.

    Baca juga:  Kapolres Mansel: Hindari Reaksi Negatif Selama Operasi Ketupat

    “Tahun ini giliran Papua Barat (tuan rumah). Sudah ada instruksi Gubernur (Pj Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw) dan sudah dibuat TOR. Saya sudah periksa dan minta mereka rasionalkan dengan baik. Jumat kita rapat bersama,” ujar Yacob, Rabu (30/8/2023).

    Yacob menjelaskan bahwa Rakor Fordasi merupakan panggung diskusi penting terkait desentralisasi daerah otonom, daerah khusus maupun daerah istimewa. Forum ini membicarakan sistem program prioritas daerah yang berkaitan dengan pembangunan.

    Baca juga:  Pembangunan RTP Borarsi Dimulai, Ditandai Perobohan Bangunan oleh Pj Gubernur Papua Barat dan Bupati Manokwari

    Dari sisi penganggaran, kata dia, daerah khusus dan daerah istimewa tentu berbeda dengan daerah lain. “Contoh di Papua, harga satuan pasti berbeda dengan daerah lain, tidak mungkin sama. Tingkat kemahalan daerah itu berbeda, makanya diberikan daerah khusus,” terangnya.

    Sejumlah kepala daerah nantinya akan berkumpul dengan agenda diskusi yang tidak hanya mencakup aspek pembangunan, tetapi juga kaitannya dengan ekonomi budaya dan dimensi lainnya.

    Baca juga:  Perseman Optimistis Menangkan Partai Final Kontra Kamasan FC

    Mereka yang dijadwalkan hadir, yakni Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Gubernur Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, Gubernur Daerah Istimewa Aceh, serta perwakilan dari daerah khusus Papua, yakni Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan. (Red/LP9)

    Latest articles

    KPU Manokwari Kembalikan Berkas Dukungan Bapaslon Perseorangan Rahman Mansim-Rudolf Rumbino

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - KPU Kabupaten Manokwari, Papua Barat, mengembalikan berkas dukungan bakal pasangan calon (bapaslon) Abdul Rahman Mansim-Rudolf Rumbino yang sedianya maju lewat jalur...

    More like this

    KPU Manokwari Kembalikan Berkas Dukungan Bapaslon Perseorangan Rahman Mansim-Rudolf Rumbino

    MANOKWARI, LinkPapua.com - KPU Kabupaten Manokwari, Papua Barat, mengembalikan berkas dukungan bakal pasangan calon...

    KPU Umumkan Nihil Kandidat Jalur Independen Pilgub Papua Barat 2024

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat mengumumkan tidak ada kandidat bakal...

    Pilkada Manokwari : Hanya 1 Pasangan Bakal Calon Perseorangan yang Serahkan Berkas Pendaftaran ke KPU

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dihari terakhir penyerahan berkas pendaftaran bakal calon kepala daerah dari jalur perseorangan...