28.3 C
Manokwari
Kamis, Mei 16, 2024
28.3 C
Manokwari
More

    Pola Makan Berubah, Bupati Manokwari Tekankan Pentingnya Menu Lokal dan Bergizi

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, menyerukan agar seluruh masyarakat menumbuhkan kembali kecintaan terhadap menu makanan berbasis lokal.

    Hermus menyampaikan hal tersebut saat menghadiri lomba cipta menu Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) serta lomba yosim pancar (yospan) dan wayase di Jalan Percetakan Negara, Manokwari, Selasa (22/8/2023).

    Lomba rangkaian semarak HUT ke-78 kemerdekaan RI ini digelar TP PKK Kabupaten Manokwari bekerja sama dengan TP PKK Distrik Manokwari Barat yang mendapat sambutan antusias masyarakat.

    Baca juga:  Hadiri Ekspose SMKN 3 Manokwari, Bupati Hermus: Di Sini Kita Cetak Skill Hebat

    “Dengan lomba B2SA ini agar mengembalikan rasa cinta kepada menu berbasis lokal dan daerah karena akhir-akhir ini terjadi pergeseran pola makan,” ujar Hermus.

    Salah satu yang menjadi perhatian adalah pola konsumsi masyarakat yang lebih gemar dengan makanan instan alias cepat saji.

    Melalui lomba ini pula, kata dia, menjadi sarana sosialisasi kepada masyarakat agar memperbaiki pola konsumsi rumah tangga. “Sehingga dapat memberikan asupan untuk anak-anak kita,” ucap Hermus.

    Baca juga:  Dari Puncak HUT Manokwari, Hermus: Dana Terbatas, tapi Kita Bisa Membangun

    Ketua TP PKK Manokwari, Febelina Indou, mengungkapkan lomba ini bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang menu yang bergizi seimbang dan aman bagi keluarga. Selain itu, menjadi wadah pengembangan kreativitas.

    “Dengan kegiatan ini juga menjalin kebersamaan antar TP PKK kabupaten, distrik, kelurahan, dan kampung. Untuk lomba B2SA diikuti 11 regu, wayase diikuti 16 kelompok, dan lomba yospan 13 regu,” jelasnya.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Letakkan Batu Pertama Pembangunan Puskesmas Kampung Udapi Hilir

    Ketua TP PKK Papua Barat, Roma Megawanti Pasaribu, berpesan agar TP PKK di semua jenjang untuk terus menggaungkan kampanye pangan beragam dan pangan lokal serta seimbang. Sebagai mitra pemerintah, kata dia, TP PKK harus membentuk generasi emas dan sehat. (LP3/Red)

    Latest articles

    Pimpinan Ponpes Darussalam Bantah Soal Dukungan ke Salah Satu Bakal Calon...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pengasuh sekaligus pemimpin yayasan pondok pesantren (Ponpes) Darussalam Aimasi, SP 3 Prafi, Ustad Maftuhin membantah pernyataannya yang mendukung salah satu calon wakil...

    More like this

    Pimpinan Ponpes Darussalam Bantah Soal Dukungan ke Salah Satu Bakal Calon Wakil Bupati 

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pengasuh sekaligus pemimpin yayasan pondok pesantren (Ponpes) Darussalam Aimasi, SP 3 Prafi,...

    Pengasuh Ponpes di Manokwari Dukung Suyanto Jadi Wakil Bupati

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pengasuh pondok pesantren (ponpes) di Dataran Prafi, Kabupaten Manokwari, Papua Barat,...

    MTQ X Teluk Bintuni Hadirkan Qari Juara Internasional Saat Pembukaan

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Pagelaran Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) X Kabupaten Teluk Bintuni, Papua...