26.2 C
Manokwari
Rabu, Mei 15, 2024
26.2 C
Manokwari
More

    Insiden Kramomongga, Pidar Papua Barat Minta Kapolres Fakfak Dicopot

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Hampir sepekan setelah insiden di Distrik Kramomongga, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, yang menawaskan Kepala Distrik, Darson Hehemur, polisi belum berhasil menangkap para pelaku.

    Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Daniel T.M. Silitonga, Sabtu (19/8/2023), mengungkapkan bahwa proses penyelidikan masih berlangsung.

    Gerakan pemuda Rakyat yang tergabung dalam organisasi Pidar Papua Barat mendesak kepada Kapolda Papua Barat untuk mencopot Kapolres Fakfak, AKBP Hendriyana.

    Baca juga:  PKS Papua dan Papua Barat Siap Ikut Verifikasi Parpol

    “Kami minta agar Kapolda mencopot Kapolres Fakfak. Persoalan ini merupakan tanggung jawab keamanan di wilayah hukum Polres Fakfak. Kami menduga ada kesan pembiaran hingga menyebabkan hilangnya nyawa orang lain,” kata Ketua Pidar Papua Barat, Jeckson Kapisa.

    Kapisa juga mempertanyakan kinerja kepolisian dalam menangani kasus ini. “Kami mempertanyakan kinerja kepolisian dalam mengungkap persoalan ini karena hingga saat ini belum ada keterangan polisi terkait penangkapan para pelaku,” ujarnya.

    Baca juga:  Kapolda Papua Barat Lepas 9 Personel Purnabakti: Terima Kasih Pengabdiannya

    Kapisa juga menyoroti pemberitaan media yang mengklaim bahwa polisi telah mengidentifikasi para pelaku. “Proses penyelidikan yang lama dapat berdampak pada psikologi keluarga korban,” tambahnya.

    Sebelumnya, salah satu anggota keluarga korban, Samaun Hegemur, mendesak agar penanganan kasus ini diserahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum.

    Insiden penyerangan dan pembakaran yang terjadi di Distrik Kramomongga menyebabkan kerusakan bangunan sekolah dan kantor distrik. Selain itu, Kepala Distrik, Darson Hegemur, menjadi korban meninggal dunia.

    Baca juga:  Saat Waterpauw Terpukau dengan Puisi Sasen Basongan Anak Disabilitas di Manokwari

    Darson dikebumikan di taman makam pahlawan hanya sehari setelah perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Daniel T.M. Silitonga, dan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema. (*/Red)

    Latest articles

    IPA Convex 2024, Menteri ESDM Tekankan Pentingnya Ketahanan Energi di Hulu...

    0
    JAKARTA, Linkpapua.com- Kebutuhan energi yang terus meningkat mendorong industri hulu migas untuk mengamankan pasokan energi. Untuk itu, eksplorasi migas akan semakin digenjot demi mencapai...

    More like this

    IPA Convex 2024, Menteri ESDM Tekankan Pentingnya Ketahanan Energi di Hulu Migas

    JAKARTA, Linkpapua.com- Kebutuhan energi yang terus meningkat mendorong industri hulu migas untuk mengamankan pasokan...

    33 Calon Paswascam Teluk Bintuni Ikuti Tes Tertulis

    TELUK BITUNI, LinkPapua.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat,...

    Nama Tidak Tercantum, Wahidin Puarada Segera Bawa Dokumen Pendaftaran ke DPP PDIP

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Bakal calon gubernur Papua Barat, Wahidin Puarada, mengumumkan akan segera menyerahkan...