28.2 C
Manokwari
Jumat, Mei 10, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Kepala Distrik Tewas dalam Serangan Bersenjata di Fakfak Papua Barat

    Published on

    FAKFAK, LinkPapua.com – Terjadi penyerangan dan perusakan di Distrik Kramomongga, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, Selasa (15/8/2023) malam. Kepala Distrik, Darson Hegemur, mengalami luka parah akibat penganiayaan dan kemudian meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSUD Fakfak.

    Pada peristiwa mencekam tersebut, sekitar pukul 19.30 WIT, sekelompok sekitar 25 orang bersenjatakan parang, tombak, dan panah, serta menggunakan penutup wajah, mendatangi Kantor Distrik Kramomongga. Mereka melancarkan aksi perusakan dan pembakaran, merusak bangunan kantor, kendaraan, dan melakukan penganiayaan terhadap Kepala Distrik.

    Baca juga:  Personel OMB Polda Papua Barat Giat Patroli di Lokasi Strategis Jelang Pemilu 2024

    Tidak hanya itu, kelompok tersebut juga mengarahkan tindakan brutalnya ke arah SMP Negeri 4 Kramomongga, membakar sekolah tersebut, sebelum melarikan diri dari tempat kejadian.

    Kapolres Fakfak, AKBP Hendriyana, memastikan kejadian tersebut dan telah mengambil langkah cepat untuk mengamankan situasi. Upaya evakuasi masyarakat Distrik Kramomongga ke Gereja Katolik Santo Petrus dilakukan demi keamanan mereka. Langkah ini melibatkan personel Polres, Koramil, Polsek, serta dilakukan penutupan batas kota di Bomberay.

    Baca juga:  Kemenkumham PB Pastikan Tak Ada Pekerja WNA di Tambang Emas Ilegal

    Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Pol. Adam Erwindi, mengimbau kepada masyarakat Fakfak agar tetap tenang dan menyerahkan penanganan kasus ini kepada pihak berwajib. Ia juga mengajak masyarakat untuk tidak terprovokasi oleh segelintir oknum yang ingin merusak keamanan daerah.

    “Jika ada informasi terkait informasi pelaku jangan takut untuk melapor kepada kepolisian terdekat, identitas pelapor dirahasiakan. Tujuannya agar polisi bisa menangkap para pelaku dan kejadian seperti tidak terulang kembali,” ujar Adam, Rabu (16/8/2023).

    Baca juga:  Aliansi Honorer Mansel Minta Bupati Tinjau Kembali Penyesuaian Gaji

    Tindakan yang dilakukan kelompok tersebut mengakibatkan kerusakan pada bangunan Kantor Distrik Kramomongga, SMP Negeri 4 Kramomongga, serta sejumlah kendaraan yang termasuk 1 unit truk, 1 unit pikap, 2 unit motor, dan 1 unit mobil milik warga yang melintas. (LP3/Red)

    Latest articles

    Syahruddin Makki Diminta Menjadi Calon Wakil Bupati Manokwari 

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Warga Pasuruan Jawa Timur yang domisili di Kabupaten Manokwari menyatakan dukungan kepada Syahrudin Makki tokoh Sulawesi Selatan untuk mencalonkan diri sebagai Calon Wakil...

    More like this

    Syahruddin Makki Diminta Menjadi Calon Wakil Bupati Manokwari 

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Warga Pasuruan Jawa Timur yang domisili di Kabupaten Manokwari menyatakan dukungan kepada Syahrudin...

    Paul Finsen Mayor Dukung Septinus Lobat Jadi Calon Wali Kota Sorong

    SORONG, Linkpapua.com-Anggota DPD RI terpilih periode 2024-2029 Dapil Papua Barat Daya, Paul Finsen Mayor,...

    Musrembang RKPD Bintuni, Konsolidasi Rencana Pembangunan 2025

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Pemkab Teluk Bintuni melalui Bappelitbangda Teluk Bintuni menggelar Musrembang RKPD...