28 C
Manokwari
Selasa, Mei 14, 2024
28 C
Manokwari
More

    Pangdam Kasuari Motivasi Prajurit Komcad Jadi Motor Penggerak Pembangunan

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, menghadirkan semangat dan arahan inspiratif kepada 200 pemuda terbaik dari Papua Barat dan Papua Barat Daya.

    Mereka baru saja menyelesaikan rangkaian Latihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil) Komponen Cadangan (Komcad) di Rindam XVIII/Kasuari serta tahap latihan berikutnya di Bandung, Jawa Barat. Pengarahan berlangsung di Aula Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Minggu (13/8/2023).

    Pangdam Gabriel memotivasi untuk kembali ke komunitas masing-masing sebagai prajurit Komcad dengan keyakinan kuat dalam memberikan dampak positif.

    Ia menekankan pentingnya berkontribusi dalam berbagai kegiatan bersama TNI-Polri untuk mempercepat pembangunan, seperti program karya bakti, TMMD, pemberantasan stunting, literasi, dan berbagai upaya lainnya yang berfokus pada pembangunan wilayah dan kesejahteraan masyarakat.

    Baca juga:  Kongres KNPI Harus Lahirkan Ide untuk Menjawab Persoalan di Papua Barat

    “Dalam rangka untuk menyiapkan tempat bagi yang belum mempunyai pekerjaan, ini sedang kita adakan proses di wilayah Kodam XVIII/Kasuari sampai dengan di kabupaten masing-masing dan ini merupakan tanggung jawab bersama,” ujarnya.

    Oleh karena itu, Pangdam Gabriel menekankan bahwa kualitas prajurit Komcad harus siap untuk menghadapi tuntutan nyata di lapangan, termasuk dalam aspek pendidikan dan kemampuan.

    Baca juga:  Tekan Kasus Stunting, Kepala Dinsos Mansel: Jangan Asal Menikah, Tunggu Usia Matang

    Pangdam Gabriel juga mengingatkan prajurit Komcad untuk menghargai status sebagai warga negara yang telah melewati serangkaian seleksi dan proses penuh dedikasi.

    “Lewat Komcad ini diharapkan kehidupan kalian ke depan semakin jelas. Ingat baik-baik menyongsong situasi politik, manfaatkan keberadaan kalian, berikan pengaruh yang positif bagi masyarakat lainnya,” pesannya.

    Ia juga berharap dengan ruang bebas yang sudah diberikan agar mengajak masyarakat yang ada di sekitar untuk ikut dalam membela dan tumbuhkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.

    Baca juga:  Kapolres Mansel Pimpin Sertijab Wakapolres, Sejumlah Pejabat Turut Berganti

    “Diharapkan pula Komcad agar tampil di tengah masyarakat sebagai motor penggerak pembangunan. Selain itu, sentuhan Komcad harus berdampak positif untuk masyarakat,” harapnya.

    Informasi tambahan, Komcad merupakan pasukan cadangan militer Indonesia yang berada di bawah Mabes TNI dan Kementerian Pertahanan RI. Fungsi Komcad melibatkan partisipasi warga negara serta sumber daya alam dan buatan dalam menjaga kedaulatan negara.

    Keberadaan dan pelaksanaan Komcad diatur peraturan perundang-undangan yang berlaku, melalui proses pembentukan, pembinaan, dan penggunaan yang terkoordinasi. (*/Red)

    Latest articles

    IPA Convex 2024, Menteri ESDM Tekankan Pentingnya Ketahanan Energi di Hulu...

    0
    JAKARTA, Linkpapua.com- Kebutuhan energi yang terus meningkat mendorong industri hulu migas untuk mengamankan pasokan energi. Untuk itu, eksplorasi migas akan semakin digenjot demi mencapai...

    More like this

    IPA Convex 2024, Menteri ESDM Tekankan Pentingnya Ketahanan Energi di Hulu Migas

    JAKARTA, Linkpapua.com- Kebutuhan energi yang terus meningkat mendorong industri hulu migas untuk mengamankan pasokan...

    33 Calon Paswascam Teluk Bintuni Ikuti Tes Tertulis

    TELUK BITUNI, LinkPapua.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat,...

    Nama Tidak Tercantum, Wahidin Puarada Segera Bawa Dokumen Pendaftaran ke DPP PDIP

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Bakal calon gubernur Papua Barat, Wahidin Puarada, mengumumkan akan segera menyerahkan...