28.6 C
Manokwari
Jumat, Mei 17, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Dinkes Mansel Gelar Workshop untuk Peningkatan Standar Akreditasi Puskesmas

    Published on

    MANSEL, LinkPapua.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) menggelar workshop terkait pemahaman standar akreditasi puskesmas dan pelatihan INM, IKP, PPI, serta Aspak di tingkat FKTP.

    Kegiatan berlangsung di Ruko GlenMygel, Kampung Kobrei, Distrik Ransiki, Senin, (31/7/2023). Workshop diikuti lima perwakilan dari tiap puskesmas se-Mansel.

    Sekretaris Dinkes Mansel, Yohanes Karabui, menjelaskan tujuan dari pelatihan ini untuk mempersiapkan akreditasi dan reakreditasi puskesmas di Mansel. “Tiap puskesmas kami undang lima orang peserta untuk mengikuti pelatihan ini,” ujarnya.

    Baca juga:  Dinsos PPKB Mansel Gelar Pendataan Penyandang Disabilitas dan Usia Lanjut

    Dalam kegiatan ini, peserta mendapatkan materi terkait penginputan data indeks nasional mutu (INM), indikator kecelakaan pasien (IKP), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), serta penggunaan Aplikasi Sarana dan Prasarana Kesehatan (Aspak) pada tingkat Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

    Baca juga:  Kejar Target, Polres Mansel Terus Lakukan Vaksinasi ke Kampung-kampung

    “Setiap puskesmas harus menginput data INM, IKP, dan PPI setiap bulan selama tiga bulan sebelum akreditasi dilakukan. Jika mereka tidak mengisi data tersebut, maka mereka tidak dapat mengikuti akreditasi,” jelas Karabui.

    Selama pelatihan ini, akan ada reakreditasi untuk puskesmas, seperti Oransbari, Ransiki, Momiwaren, dan Dataran Isim. Sementara, Tahota dan Nenei akan akreditasi pertama.

    Baca juga:  CDK Mansel Perkenalkan Sistem SI-PenaBUR untuk Rehabilitasi Hutan

    “Harapan kami, semua puskesmas tahun ini dapat mengikuti akreditasi, setidaknya bisa mendapatkan predikat akreditasi madya atau minimal memenuhi standar akreditasi yang dibutuhkan,” tambahnya.

    Karubui berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik selama tiga hari ke depan atau sampai Rabu (2/8/2023) agar pengetahuan yang didapat bisa diimplementasikan dalam tahapan akreditasi nantinya. (LP11/Red)

    Latest articles

    Pawai Taaruf Meriahkan MTQ X Teluk Bintuni 2024

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Plt Sekda Kabupaten Teluk Bintuni, Frans N. Awak, melepas pawai taaruf dalam rangka memeriahkan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) X...

    More like this

    Pawai Taaruf Meriahkan MTQ X Teluk Bintuni 2024

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Plt Sekda Kabupaten Teluk Bintuni, Frans N. Awak, melepas pawai...

    Bawaslu RI Konsolidasi Media Penguatan Pemberitaan Pilkada Serentak 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar konsolidasi media dalam rangka penguatan...

    Pasca Autopsi, Penyebab Meninggalnya Yahya Mulai Terkuak

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Misteri penyebab meninggalnya Yahya Sayori yang ditemukan meninggal dunia di hutan Anggori...