27.1 C
Manokwari
Rabu, Mei 15, 2024
27.1 C
Manokwari
More

    Norman Tambunan Soroti Pimpinan OPD Pemkab Manokwari Minim Hadiri Agenda DPRD

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Rapat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manokwari yang membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022, Selasa (18/7/2023), menarik perhatian fraksi-fraksi dewan.

    Dalam pandangan umum, fraksi-fraksi di DPRD Manokwari mengungkapkan keprihatinan terhadap absensi pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari yang minim dalam menghadiri agenda dewan.

    Wakil Ketua DPRD Manokwari, Norman Tambunan, secara tegas mengungkapkan keprihatinannya terhadap absensi pimpinan OPD yang dinilai jarang hadir dalam berbagai agenda dewan.

    Baca juga:  Pemilik Hak Ulayat Dukung Penataan Kawasan Borasi, Bupati Manokwari Apresiasi

    Salah satu OPD yang disoroti adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), yang selalu diwakili Sekretaris Dinas dalam tiap kesempatan. Norman menyayangkan hal ini karena ada beberapa temuan yang seharusnya bisa didengar langsung pimpinan dinas terkait.

    “Pimpinan OPD saya lihat ada yang jarang hadir dalam agenda-agenda dewan. Salah satunya Kepala Dinas PU karena selama ini selalu diwakili Sekretaris Dinas. Padahal, ada beberapa temuan yang harusnya dia hadir biar bisa dengar langsung sendiri,” politikus dari Partai Golkar itu.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Lakukan Pembongkaran secara Simbolis, Pembangunan Gedung Mambruk Dimulai

    Selain itu, Norman juga meminta agar Sekretaris Daerah (Sekda) yang hadir mewakili Bupati dapat memberikan teguran kepada pimpinan OPD yang dinilai kurang konsisten dalam menghadiri sidang-sidang dewan.

    Baca juga:  545 Guru Kini Jadi PPPK, Suriyati Faisal: Tidak Ada Istilah Malas-malasan Lagi

    Menyikapi sorotan tersebut, Sekda Manokwari, Henri Sembiring, memberikan tanggapannya. Ia menyatakan sebelum sidang paripurna DPRD berlangsung, pihaknya telah mengingatkan kepala-kepala perangkat daerah untuk hadir. Namun, tampaknya masih terdapat beberapa pimpinan OPD yang absen tanpa alasan yang jelas.

    “Saya akan menegur Kepala Dinas PU dan kepala-kepala perangkat daerah yang tidak menghadiri sidang paripurna DPRD,” katanya. (LP3/Red)

    Latest articles

    Tokoh Pemuda Sorsel: Beri Kami Kesempatan Memimpin Daerah Sendiri

    0
    SORSEL, LinkPapua.com - Ronal Serkadifat ST, seorang tokoh pemuda dari suku Tehit, Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel), Papua Barat Daya, mengajukan permintaan kepada pemerintah terkait...

    More like this

    Tokoh Pemuda Sorsel: Beri Kami Kesempatan Memimpin Daerah Sendiri

    SORSEL, LinkPapua.com - Ronal Serkadifat ST, seorang tokoh pemuda dari suku Tehit, Kabupaten Sorong...

    Elias Lamere Kritisi Kecurangan Pileg 2024: KPU Teluk Bintuni Akui Kesalahan

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Elias Lamere yang menjadi calon legislatif (caleg) DPR Provinsi Papua...

    Dokter Engeline Ingatkan Wanita Manokwari Pentingnya Skrining Kanker Serviks sejak Dini

    MANOKWARI, Linkpapua.com -Dr. Engeline Chelsya Setiawan, pemilik Klinik Kecantikan dr. Eline Aesthetic Center di...