28.2 C
Manokwari
Kamis, Mei 16, 2024
28.2 C
Manokwari
More

    Pengrajin Pernak-pernik Papua Manfaatkan Kunjungan Wapres Ma’ruf Amin Mengais Rezeki

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Yakomina Yantori, seorang pengrajin pernak-pernik, mengambil kesempatan dari kunjungan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin ke Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, untuk mengais rezeki.

    Yakomina datang dari Sorong, Papua Barat Daya, ke Distrik Babo, Kamis (13/7/2023), dengan membawa berbagai jenis barang dagangannya, mulai dari noken, mahkota, gelang manik-manik, akar bahar, tempat tisu, sisir bambu, hingga barang dari besi putih.

    Baca juga:  Pasokan Minyak Tanah Terhambat, Warga Waigeo Utara Layangkan Protes

    Kedatangan Yakomina setelah mendapat informasi dari pelanggannya yang mengabarkan tentang kunjungan kerja Wapres Ma’ruf Amin ke daerah tersebut.

    “Saya mendapat informasi dari pelanggan saya, jadi saya datang langsung begitu mendengarnya,” ungkap Yakomina yang menjajakan dagangannya tepat di depan Tugu Peradaban Islam Babo.

    Ia menjelaskan sebagian besar barang dagangannya dibuat sendiri, sedangkan beberapa barang lainnya ia beli dari pengrajin lain.

    Baca juga:  Kunjungan Wapres ke Wamena dan Merauke Dijadwalkan Ulang Desember

    “Saya membuat noken sendiri, sedangkan tas kulit kayu dan beberapa barang seperti akar bahar dan gelang besi putih, saya pesan dari rekan kami di Nabire,” jelas Yakomina, yang memiliki lima anak dan sembilan cucu.

    Melalui berdagang pernak-pernik khas Papua, Yakomina dan suaminya, Elias Rumbewas, berhasil membiayai pendidikan anak-anak mereka. Bahkan, salah satu anak mereka telah bergabung sebagai anggota polisi yang bertugas di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang. Sementara itu, anak-anak lainnya mengikuti jejak orang tua mereka dengan menjadi pedagang pernak-pernik Papua.

    Baca juga:  Kunjungan Wapres Ma'ruf Amin Dijamin Aman Lembaga Masyarakat Adat di Teluk Bintuni

    Yakomina berharap agar para pedagang pernak-pernik Papua, termasuk dirinya, mendapatkan perhatian dari panitia dan pemerintah. “Kami berharap pemerintah dapat memberikan tempat berdagang kepada pedagang pernak-pernik Papua seperti kami saat ada kegiatan di sini,” harapnya. (LP5/Red)

    Latest articles

    3 Pelaku Penyalahgunaan BBM Subsidi di Manokwari Berhasil Ditangkap

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Satuan Reserse dan Kriminal Polresta Manokwari menangkap 3 orang yang diduga kuat sebagai pelaku penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis pertalite...

    More like this

    3 Pelaku Penyalahgunaan BBM Subsidi di Manokwari Berhasil Ditangkap

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Satuan Reserse dan Kriminal Polresta Manokwari menangkap 3 orang yang diduga kuat...

    Pimpinan Ponpes Darussalam Bantah Soal Dukungan ke Salah Satu Bakal Calon Wakil Bupati 

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pengasuh sekaligus pemimpin yayasan pondok pesantren (Ponpes) Darussalam Aimasi, SP 3 Prafi,...

    Pengasuh Ponpes di Manokwari Dukung Suyanto Jadi Wakil Bupati

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pengasuh pondok pesantren (ponpes) di Dataran Prafi, Kabupaten Manokwari, Papua Barat,...