28.3 C
Manokwari
Sabtu, Mei 18, 2024
28.3 C
Manokwari
More

    Pemerintah Rilis Logo dan Tema Resmi HUT Ke-78 Kemerdekaan RI

    Published on

    JAKARTA, LinkPapua.com – Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) telah merilis logo dan tema hari ulang tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI.

    Logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI merupakan perpaduan angka tujuh yang berwarna merah solid dan angka delapan yang terbentuk dari lima garis berwarna merah serta tema Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

    “Ini adalah logo yang dipilih oleh Bapak Presiden (Joko Widodo),” kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono, dikutip laman resmi Sekretariat Kabinet, Rabu (14/6/2023).

    Kesatuan logo itu mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, dan kesatuan serta bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, serta bergerak secara harmoni menuju Indonesia maju.

    Baca juga:  Paskibraka Mansel Makin Matangkan Persiapan, Latihan Intensif di Lapangan Garuda Ransiki

    Heru yang juga Ketua Pelaksana Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI meminta kepada seluruh kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah untuk menggencarkan penggunaan logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI di berbagai media yang dimiliki.

    “Pertengahan Juli sudah ada banner, LED, untuk menyemarakkan memasuki bulan Agustus, bulan Kemerdekaan,” ucapnya.

    Baca juga:  Peserta Asal Jawa Timur Juara Lomba Lari 10K Pemprov Papua Barat

    Ketua Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI), Ritchie Ned Hansel, menjelaskan sejalan dengan tema, konsep visual logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI menggambarkan keberlanjutan pembangunan dengan semangat estafet, terus melaju, tanggung jawab bersama, berlandaskan Pancasila, gotong royong, bergerak maju, serta menuju Indonesia maju.

    “Kami harap nilai-nilai filosofi dan narasi visual yang diangkat di logo HUT ke-78 RI ini bisa membawa semangat untuk seluruh rakyat Indonesia memiliki visi yang lebih baik ke depannya dan membangun bangsa yang lebih hebat lagi,” tuturnya.

    Baca juga:  Fraksi Gabungan DPRK Manokwari Setujui Ranperda APBD TA 2024

    Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Restog Krisna Kusuma, menyampaikan logo HUT ke-78 ini merupakan hasil proses penyaringan yang dilakukan Kemenparekraf bersama ADGI.

    Lima logo rancangan desainer anggota ADGI hasil penyaringan kemudian diserahkan kepada Presiden Jokowi. Logo rancangan Katarina Monika akhirnya dipilih untuk digunakan sebagai logo resmi HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

    “Dipilih oleh Bapak Presiden satu logo terbaik yang atas nama desainer Katarina Monika yang bertema Terus Melaju untuk Indonesia Maju,” kata Restog. (*/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...