28.9 C
Manokwari
Minggu, Mei 12, 2024
28.9 C
Manokwari
More

    21.978 Jiwa Masyarakat Manokwari Sudah Terdaftar BPJS Kesehatan

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Sebanyak 643 badan usaha (BU) dengan total 21.978 jiwa telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Manokwari. Capaian itu turut berkontribusi terhadap persentase Universal Health Coverage (UHC) Provinsi Papua Barat yang mencapai 106,46 persen per Juni 2023.

    Hal itu seperti disampaikan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Manokwari, Dwi Sulistyono Yudo, dalam gathering bersama badan usaha dan media di Manokwari, Senin (12/6/2023).

    Baca juga:  Pj Gubernur Waterpauw Akan Dikukuhkan sebagai Anak Adat dan Sesepuh Kuri Wamesa

    Dwi mengungkapkan, saat ini pihaknya juga terus berupaya memperluas cakupan kepesertaan melalui strategi inovatif, termasuk peningkatan akses informasi dan pendaftaran melalui kanal digital bagi badan usaha, pemerintah daerah, dan masyarakat umum.

    “Sektor informal juga diberikan kemudahan pendaftaran sebagai peserta JKN-KIS melalui berbagai aplikasi mobile seperti JKN dan e-DABU, serta melalui kanal pendaftaran Pandawa, dan lain sebagainya,” ujarnya.

    Baca juga:  Satu Dekade Layanan JKN, BPJS Kesehatan Manokwari Optimistis Lakukan Transformasi Mutu

    Demi meningkatkan layanan jaminan kesehatan nasional, kata Dwi, BPJS Kesehatan juga berupaya mengoptimalkan kerja sama dengan pemerintah daerah dan fasilitas kesehatan setempat. Hal ini untuk memastikan masyarakat bisa menikmati pelayanan kesehatan berkualitas.

    Baca juga:  Teluk Bintuni Capai UHC 99,17 Persen, Bakal Terima Penghargaan dari Presiden Jokowi

    “Berbicara tentang Universal Health Coverage, Papua Barat adalah provinsi dengan status UHC yang menjaminkan masyarakatnya pada program JKN-KIS,” bebernya.

    Dwi mengungkapkan, melalui komitmen tinggi dari pemerintah dan kerja keras bersama, capaian ini menjadi bukti nyata akses dan layanan kesehatan merata makin diperluas. (LP9/Red)

    Latest articles

    SKK Migas-Pertamina EP Papua Resmikan Rumah Informasi Kelompok Terumbu Karang Lestari...

    0
    SORONG, Linkpapua.com - SKK Migas dan Pertamina EP Papua Field (PEP Papua) meresmikan dan menyerahkan rumah informasi kepada Kelompok Terumbu Karang Lestari, Distrik Sorong...

    More like this

    SKK Migas-Pertamina EP Papua Resmikan Rumah Informasi Kelompok Terumbu Karang Lestari Sorong  

    SORONG, Linkpapua.com - SKK Migas dan Pertamina EP Papua Field (PEP Papua) meresmikan dan...

    Kembangkan Bakat Mahasiswa, Universitas Caritas Indonesia Gelar Festival Tahunan

    MANOKWARI, linkpapua.com - Universitas Caritas Indonesia menggelar Festival Tahunan Caritas yang mulai berlangsung, Sabtu...

    PKS Manokwari Komitmen Koalisi PDI Perjuangan meski Tak Sinkron Pusat

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Ketua DPD PKS Manokwari, Papua Barat, Abdurahman, menegaskan bahwa dinamika koalisi...