27.4 C
Manokwari
Sabtu, Mei 11, 2024
27.4 C
Manokwari
More

    Mei 2023, Papua Barat Inflasi 0,56 Persen

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua Barat mencatat inflasi bulanan Papua Barat Mei 2023 mencapai 0,56 persen, sedangkan inflasi tahun ke tahun (yoy) 3,99 persen.

    “Pada bulan Mei 2023, tercatat terjadi inflasi bulanan sebesar 0,56 persen di dua kota indeks harga konsumen (IHK) di Papua Barat, yaitu Manokwari dan Kota Sorong, dengan IHK mencapai 114,55. Tingkat inflasi tahun ke tahun (yoy) mencapai 3,99 persen dan tingkat inflasi tahunan kalender sebesar 1,86 persen,” ungkap Plt. Kepala BPS Papua Barat, Johannis Lekatompessy, saat rilis pers, Senin (5/6/2023).

    Baca juga:  Oktober 2023, Inflasi Tahunan Papua Barat 3,86 Persen

    Lekatompessy menjelaskan, di Manokwari tercatat inflasi bulanan 0,45 persen dengan IHK mencapai 118,65, menempati peringkat ke-16. Sementara, inflasi tahun ke tahun di Manokwari mencapai 3,95 persen.

    Baca juga:  Menilik Pangsa Batik Arfak: Coraknya Khas, Mulai Banjir Pesanan

    “Penyumbang utama inflasi bulanan di Manokwari adalah komoditas ikan oci, tomat, ikan mumar, telur ayam ras, dan cabai rawit,” ujarnya.

    Penyumbang utama inflasi tahunan di Manokwari adalah komoditas bensin, angkutan udara, rokok kretek filter, ikan oci, dan daging babi.

    Di Kota Sorong, inflasi bulanan mencapai 0,59 persen dengan IHK mencapai 113,45, menempati peringkat ke-9. Inflasi tahun ke tahun di Kota Sorong mencapai 4,00 persen.

    Baca juga:  KPU Manokwari Umumkan LPPDK Parpol

    “Penyumbang utama inflasi bulanan di Kota Sorong adakah komoditas bawang merah, ikan kembung, ikan cakalang, sawi hijau, dan ikan mumar,” jelasnya.

    Penyumbang utama inflasi tahunan di Kota Sorong adalah komoditas bensin, angkutan dalam kota, angkutan udara, rokok kretek filter, dan beras. (LP9/Red)

    Latest articles

    PDI Perjuangan Papua Barat Tutup Penjaringan Cakada, Ini Daftar Lengkap Nama-nama...

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua Barat maupun jajaran DPC PDI Perjuangan kabupaten akan menutup penjaringan bakal calon kepada daerah untuk pemilihan...

    More like this

    PDI Perjuangan Papua Barat Tutup Penjaringan Cakada, Ini Daftar Lengkap Nama-nama yang Mendaftar

    MANOKWARI, LinkPapua.com - DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua Barat maupun jajaran DPC PDI Perjuangan...

    50 Peserta Ikuti Lomba Body Contest yang di Gelar Polresta Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Polresta Manokwari menggelar Kapolresta Cup I Body Contest dan Body Building Poses...

    Wahidin Puarada Beberkan Visi Pembangunan Maju Pilkada Papua Barat 2024

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Wahidin Puarada meramaikan persaingan perebutan kursi gubernur pada Pilkada Papua Barat...