27.1 C
Manokwari
Sabtu, Mei 4, 2024
27.1 C
Manokwari
More

    Pemprov Papua Barat Rencana Bangun Situs Sejarah Misi Katolik di Fakfak

    Published on

    FAKFAK, LinkPapua.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat berencana membangun situs sejarah tentang misi Katolik di lokasi pendaratan misionaris Pater Cornelius Le Cocq d’Armandville SJ di Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

    Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, saat menghadiri perayaan peringatan misi Katolik masuk di tanah Papua ke-129 tahun di Fakfak, Selasa (23/5/2023). Perayaan dirangkaikan peletakan batu pertama pembangunan tugu misionaris Pater Cornelis Le Cocq d’Armandville SJ.

    Baca juga:  Persiapan 100 Persen, Kempo Papua Barat Siap "Hajar" Lawan di PON XX

    Waterpauw dalam sambutannya mengaku terharu menyaksikan langsung prosesi perayaan peringatan misi Katolik yang tidak hanya dilakukan umat Katolik, tetapi ada keterlibatan masyarakat muslim.

    “Saya sesungguhnya terharu, ya. Sebelumnya saya sudah tahu dan mendengar tentang masuknya Katolik di Fakfak, tepatnya di Kampung Sekru. Hari ini saya dapat menyaksikan langsung bagaimana toleransi itu dapat terjadi di sini,” ujar Waterpauw.

    Baca juga:  Ketua KPU Papua Barat Tunggu Penjelasan KPU RI Soal Penunjukan Komisioner KPU Pegaf

    Waterpauw juga berjanji pihaknya akan mendiskusikan bersama para uskup dan pastor serta pihak legislatif dan eksekutif di Fakfak untuk menyusun sebuah konsep pembangunan situs sejarah tentang misi Katolik di lokasi pendaratan misionaris Pater Cornelis Le Cocq d’Armandville SJ.

    Baca juga:  Waterpauw Yakin Angka Stunting dan Kemiskinan Ekstrem di Papua Barat Turun dalam 6 Bulan

    “Kita nanti konsepkan bersama tentang pembangunan situs Misi Katolik di tanah Papua, di Kampung kita di Sekru, di Kampung Brongkendik, dan Pulau Bone,” ungkapnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    Cabup dan Cawalkot di Papua Harus Persetujuan MRP, Tunggu Fatwa MA

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Asosiasi Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) menghasilkan dua rekomendasi dalam rapat koordinasi yang digelar di Hotel Mansinam Beach Manokwari, Jumat (3/5/2024). Salah...

    More like this

    Cabup dan Cawalkot di Papua Harus Persetujuan MRP, Tunggu Fatwa MA

    MANOKWARI, linkpapua.com- Asosiasi Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) menghasilkan dua rekomendasi dalam rapat koordinasi...

    Rawat Keberagaman, KB-TK Kemala Bhayangkara 06 Manokwari Gelar Halal bi Halal 

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Keluarga besar Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak (KB-TK) Kemala Bhayangkari 06...

    KPU Manokwari Bersama Forkopimda Bahas Kesiapan Pilkada Serentak 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari menggelar Rapat Koordinasi (Rakor)tahapan pemilihan kepala daerah...