27 C
Manokwari
Minggu, Mei 5, 2024
27 C
Manokwari
More

    Penjabat Sekda Papua Barat: Korupsi Ancam Hak Sosial dan Ekonomi Masyarakat

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Barat, Dance Sangkek, menyebut korupsi tidak hanya merugikan keuangan negara, tetapi juga mengancam hak-hak sosial dan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, pemberantasan korupsi membutuhkan peran aktif semua pihak.

    “Kejahatan korupsi menjadi pekerjaan rumah kita bersama. Perlu dilakukan bersama-sama dengan turut aktif melakukan gerakan pemberantasan korupsi,” ujar Dance dalam bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kapabilitas dan pemberdayaan masyarakat antikorupsi yang diadakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Rabu (24/5/2023).

    Baca juga:  Tok! Aklamasi, Hariyono May Pimpin Partai Golkar Manokwari

    Dance menjelaskan, partisipasi masyarakat sangat penting dalam hal pengawasan dan kontrol sosial. Bimtek ini pun diadakan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai korupsi.

    Baca juga:  Resmi! Waterpauw Lantik Tiga Pj Kepala Daerah di Papua Barat

    Dalam pemberantasan korupsi sendiri, KPK memiliki tiga strategi, yakni pendidikan kepada masyarakat, strategi pencegahan, dan strategi pendidikan.

    “Tiga strategi tersebut bisa berjalan secara efektif dan efisien jika ada peran serta masyarakat. KPK tidak mungkin bekerja sendiri dalam pemberantasan korupsi,” katanya.

    Baca juga:  Pj Gubernur Minta Mahkamah Agung Perhatikan Hakim Putra-putri Asli Papua

    Dance berharap peserta bimtek dapat mengikuti dengan baik sehingga mereka dapat menjadi pelopor dalam gerakan antikorupsi. (LP9/Red)

    Latest articles

    Sosialisasi B2SA di Fakfak, Pj Ketua PKK Papua Barat Tekankan Pola...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat menggelar sosialisasi B2SA bertajuk Goes To School di Kabupaten Fakfak, Sabtu (4/5/2024). Kegiatan ini digelar sebagai...

    More like this

    Sosialisasi B2SA di Fakfak, Pj Ketua PKK Papua Barat Tekankan Pola Hidup Sehat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat menggelar sosialisasi B2SA bertajuk Goes To...

    Kapolda Kunjungan Kerja Ke Polres Pegunungan Arfak

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Edizzon Isir, S.I.K., M.T.C.P melaksanakan kunjungan...

    Cabup dan Cawalkot di Papua Harus Persetujuan MRP, Tunggu Fatwa MA

    MANOKWARI, linkpapua.com- Asosiasi Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) menghasilkan dua rekomendasi dalam rapat koordinasi...