27.2 C
Manokwari
Kamis, Mei 2, 2024
27.2 C
Manokwari
More

    Inflasi Papua Barat Sentuh 0,30%, Transportasi Udara Penyumbang Terbesar

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Manokwari dan Kota Sorong mencatat Indeks Harga Konsumen (IHK) 113,91 pada April 2023. Angka IHK mendorong inflasi di Papua Barat berada di angka 0.30 persen.

    Plt Kepala BPS Papua Barat Johannis Lekatompessy mengatakan, Manokwari menempati posisi ketiga inflasi bulanan. Sementara Kota Sorong menempati peringkat ke 77.

    “Inflasi bulanan Manokwari sebesar 1,39 persen dengan IHK sebesar 118,12. Inflasi dari tahun ke tahun sebesar 5,08 persen. Sementara inflasi bulanan kota Sorong sebesar 0,01 persen dengan IHK sebesar 112,79 persen dan inflasi dari tahun ke tahun sebesar 4,02 persen,” jelas Johannis, Selasa (2/5/2023).

    Baca juga:  Pj Ketua TP PKK Papua Barat: Perhatian Orang Tua Penting untuk Masa Depan Anak-anak

    Ia menjelaskan, sektor transportasi memberi andil terbesar inflasi di Papua Barat dan disusul komoditi lainnya. Penyumbang utama inflasi bulanan di Manokwari adalah sektor angkutan udara, lalu komoditas Ikan Cakalang, bIkan Ekor Kuning, Ikan Kakap Merah dan Kacang Panjang.

    Baca juga:  Sorong Bidik Kemandirian Ekonomi lewat Inovasi Layanan Kesehatan Hewan

    Demikian juga Penyumbang utama inflasi bulanan di Kota Sorong adalah Angkutan Udara. Lalu disusul komoditas, Kangkung, Ikan Bubara, Ikan Ekor Kuning, dan Bawang Putih.

    Baca juga:  Kanwil Kemenkumham Papua Barat Deklarasi Komitmen Zona Integritas

    Penyumbang utama inflasi tahunan di Manokwari adalah komoditas Ikan Cakalang, Angkutan Udara, Bensin, Rokok Kretek Filter, dan Ikan Ekor Kuning.

    Demikian juga penyumbang utama inflasi tahunan di Kota Sorong adalah komoditas Bensin, Angkutan Dalam Kota, Rokok Kretek Filter, Angkutan Udara, dan Beras. (LP9/Red)

    Latest articles

    Selama Maret 2024, Hunian Hotel di Papua Barat dan Papua Barat...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Barat Merry dalam releasenya Kamis (2/5/2024) menjelaskan Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel pada Maret 2024 di...

    More like this

    Selama Maret 2024, Hunian Hotel di Papua Barat dan Papua Barat Daya Alami Peningkatan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Barat Merry dalam releasenya Kamis (2/5/2024)...

    Ali Baham Ungkap 2 ‘PR’ Besar untuk Menunjang Mutu Pendidikan di Papua Barat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengungkapkan, ada dua 'PR' besar...

    Biayai Rekrutmen 1.000 Anggota Polri, Pemprov Papua Barat Suntik Rp4,8 M

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemprov Papua Barat mengalokasikan hibah sebesar Rp4,85 miliar untuk membiayai rekrutmen 1.000...