27.9 C
Manokwari
Kamis, Mei 2, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    Calon Taruna-Taruni Akpol Papua Barat Mulai Jalani Tes Kesehatan Hari ini

    Published on

    MANOKWARI,Linkpapua.com– Penerimaan taruna-taruni Akpol, Bintara dan Tamtama memasuki tahapan pemeriksaan administrasi. Hari ini, Selasa (2/5/2023), dijadwalkan pelaksanaan pemeriksaan kesehatan.

    “Saat ini memasuki pemeriksaan administrasi baik penerimaan taruna-taruni Akpol, Bintara maupun Tamtama,” jelas Karo SDM Polda Papua Barat Kombes Pol Sugandi kepada wartawan di halaman kantor Gubernur Papua Barat, Selasa (2/5/2023).

    Ia menjelaskan, hari ini adalah tes kesehatan pertama bagi taruna dan taruni Akpol. Jumlahnya 85 orang, terdiri dari 10 perempuan dan 75 calon taruna laki-laki. Sementara, pemeriksaan kesehatan untuk Bintara akan dimulai, Kamis lusa.

    Baca juga:  Polda PB Bantah Pengusutan Kasus Pemalsuan Dokumen CPNS Lambat: Segera Gelar Perkara

    “Kurang lebih 3.000 orang mengikuti tes. Kuota untuk Papua Barat belum ditetapkan nanti menjalani tes sampai akhir dan selanjutnya akan dilaporkan ke mabes jumlah yang tersisa akan dibagi oleh mabes,” kata Sugandi.

    Dia mengungkapkan, dengan adanya otonomi baru dan rencana pembentukan polda baru, memungkinkan akan ada penambahan kuota. Namun kepastian ini masih dirumuskan Mabes Polri.

    Baca juga:  Kampanye di Mansel, NasDem Ungkit Andil Dominggus Bawa Perubahan di Papua Barat

    “Sementara ikut tes dulu dan nanti akan ada pembagian kuota dari mabes. Bintara ada tiga jalur yakni tugas umum, brimob, polair dan kompetensi khusus tenaga kesehatan (bakomsus),” paparnya.

    Sugandi secara khusus mengimbau kepada orang tua agar berhati-hati dalam proses rekrutmen ini. Sebab banyak pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang kerap mengiming-imingi kelulusan bagi calon taruna.

    Baca juga:  PFM Desak Kapolda Tindak Tegas Penjual Miras Oplosan di Papua Barat Daya

    “Dalam tes berjalan kan ada yang gugur dan biasanya yang gugur akan dihubungi oleh pihak yang menjanjikan dan biasanya mengatasnamakan karo SDM untuk meluluskan. Saya minta berhati-hati. Jangan percaya dengan iming-iming,” ungkap Sugandi.

    Dia mengaku sebagai bentuk pengawasan, Mabes Polri telah menyediakan nomor aduan. Jika terjadi penipuan dapat segera melaporkannya.

    Sugandi memastikan bahwa rekrutmen anggota Polri tidak dipungut biaya alias gratis. (LP9/red)

    Latest articles

    Diinisiasi Pj Gubernur Ali Baham, Papua Barat dapat Jatah Penerimaan 1.000...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Kabar baik menghampiri masyarakat Papua Barat. Dalam rangka meningkatkan stabilitas keamanan, Papua Barat akan mendapatkan tambahan jatah penerimaan anggota Polri sebanyak 1.000...

    More like this

    Diinisiasi Pj Gubernur Ali Baham, Papua Barat dapat Jatah Penerimaan 1.000 Anggota Polri

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kabar baik menghampiri masyarakat Papua Barat. Dalam rangka meningkatkan stabilitas keamanan, Papua...

    Dorong Mutu Pendidikan, Pemprov PB Genjot SDM Guru dan Infrastruktur

    MANOKWARI, linkpapua.com-Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Papua Barat Abdul Fatah mengatakan, banyak aspek yang dibutuhkan...

    PWI Kritik Pemprov Papua Barat: Kerja-kerja Pers Diabaikan

    MANOKWARI,linkpapua.com- Ketua PWI Papua Barat Bustam melontarkan kritik kepada Pemprov Papua Barat yang dinilai...