28 C
Manokwari
Rabu, Mei 8, 2024
28 C
Manokwari
More

    Dongkrak PAD, Hermus akan Optimalkan Retribusi Sampah Rumah Tangga

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari Hermus Indou mengungkapkan, pihaknya tengah berupaya mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan mengidentifikasi kembali potensi PAD yang belum terkelola maksimal. Hermus menyebut, pemda akan memperkuat regulasi untuk mendukung upaya itu.

    “Kita akan identifikasi apa yang menjadi kendala terhadap pengelolaan yang ada selama ini namun belum maksimal. Termasuk juga data-data potensi PAD dan regulasi yang mengatur PAD. Jika ada Perda yang sudah tidak sesuai lagi maka akan direvisi untuk peningkatan,” ujar Hermus Indou, Sabtu (29/4/2023) usai mengikuti upacara peringatan hari Otonomi Daerah (Otda).

    Baca juga:  Sejumlah Pejabat Pemkab Manokwari Belum Serahkan LHKPN

    Hermus mengakui, regulasi pendukung PAD belum optimal. Karenanya harus segera dilakukan revisi.

    Salah satu yang akan ditinjau adalah peraturan daerah (Perda) Pengelolaan Sampah. Menurut Hermus, Perda Sampah belum secara spesifik menjaring potensi pendapatan di sektor ini.

    Baca juga:  Surya Paloh Tunjuk Dominggus jadi Ketua Partai NasDem PBD, Diminta Segera Konsolidasi

    ”Kita akan maksimalkan Perda Sampah ini karena seluruh rumah tangga di Manokwari harus menjadi wajib retribusi karena hasil retribusi itu akan digunakan untuk membiayai pengelolaan sampah. Baik itu untuk sarana dan pra sarananya maupun pekerja pengelola sampahnya,” tambah dia.

    Hermus menilai sejumlah sarana dan prasarana sampah yang ada di Manokwari sudah waktunya ditingkatkan. Ini juga termasuk pengelolaan sampah yang berada di laut.

    Baca juga:  DPC Gerindra Manokwari Mulai Buka Penjaringan Bacaleg

    “Kita tidak bisa selalu bergantung dari transfer pusat karena sudah ada porsinya masing-masing. Sehingga memang solusinya harus tingkatkan PAD,” jelasnya.

    Selain itu, pemda berupaya dengan pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dapat menjadi garda terdepan untuk menghasilkan PAD. Sehingga sejumlah potensi yang ada di daerah dapat terkelola lebih baik lagi.

     

    (LP3/Red)

    Latest articles

    Bupati Bintuni Sampaikan Penghormatan di Ibadah Pemakaman Charles Rizard Ginuni

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw, menghadiri ibadah pemakaman almarhum Charles Rizard Ginuni di Kompleks Pamong Praja, Distrik Bintuni, Rabu (8/5/2024). Charles...

    More like this

    STIKIP Muhammadiyah Manokwari Buka Pendaftaran Maba Gelombang Kedua

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Muhammadiyah Manokwari membuka penerimaan...

    Dominggus Daftar di Perindo Maju Pilgub PB, Singgung Lawan Kotak Kosong

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Dominggus Mandacan mengantarkan berkas pendaftarannya ke DPW Partai Perindo Papua Barat...

    Sosialisasi Pencaker, Disnakertrans Papua Barat Tunggu Persetujuan Pj Gubernur 

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kependudukan Transmigrasi dan Tenaga Kerja Pemerintah Provinsi Papua Barat Derek...