26.4 C
Manokwari
Selasa, April 30, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Kadis Ketahanan Pangan PB Beberkan Imbas Peralihan Anggaran: 4 Rumah Inovasi Gagal

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Papua Barat Lasarus Ullo membeberkan dampak nyata dari peralihan APBD Papua Barat ke Papua Barat Daya pascapemekaran. Ia mengatakan, kebijakan peralihan ini membuat program Rumah Inovasi gagal terealisasi.

    “Karena adanya pengurangan anggaran pada Dinas Ketahanan Pangan, kami gagal membangun Rumah Inovasi 2023. Padahal kami berencana membangun empat rumah inovasi di empat daerah,” terang Lasarus, Senin (20/3/2023).

    Baca juga:  Panen Jagung di Aimas, Pemprov PB Ajak Seluruh Pihak Jaga Stabilitas Ketahanan Pangan

    Empat daerah yang menjadi target pembangunan Rumah Inovasi yakni Kabupaten Fakfak, Kaimana, Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak. Dia menjelaskan komoditi unggulan di Kabupaten Fakfak yakni labu dan pisang. Di Manokwari Selatan seperti kakao, pisang, keladi, singkong dan ubi.

    Sementara di Pegunungan Arfak yakni nanas dan markisa. Sementar di Kaimana unggulan mereka yakni salak.

    Baca juga:  Evaluasi Kinerja-Uji Kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama OPD Hal Normatif, Bukan Tendensius

    “Karena keterbatasan anggaran sehingga pada tahun ini paling kita hanya belanja bibit sayuran. Karena untuk membantu satu rumah inovasi menghabiskan anggaran sekitar Rp1 miliar, ” paparnya.

    Saat ini kata Lasarus, tiga rumah inovasi sudah berjalan. Yakni Raja Ampat, Kaimana dan Manokwari. Tiga lokus ini telah dibangun dan sementara beroperasi.

    Baca juga:  Komisi A DPRD Manokwari Soroti Pengalihan Pihak Ketiga Pembangunan Puskesmas Mokwam

    Lasarus menggambarkan, olahan di Manokwari cukup menjanjikan karena semua jenis bisa diolah. Sementara di Kaimana mengolah salak menjadi sirup dan sementara di Raja Ampat mengolah buah naga dan direncanakan akan mengolah abon ikan.

    Adapun pemasarannya kata dia, sementara masih di sekitar Papua Barat. Produk ini belum dipasok keluar daerah karena masih adanya beberapa kendala. (LP9/Red)

    Latest articles

    Hibahkan Lahan ke Lapas Manokwari, Bupati Hermus Raih Award Kemenkumham

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indouw, bersama 9 instansi lainnya raih penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly pada upacara peringatan Hari...

    More like this

    Hibahkan Lahan ke Lapas Manokwari, Bupati Hermus Raih Award Kemenkumham

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indouw, bersama 9 instansi lainnya raih penghargaan dari Menteri Hukum...

    NasDem Tunjuk Dominggus Mandacan Calon Tunggal di Pilgub Papua Barat

    MANOKWARI,linkpapua.com- Partai NasDem menunjuk Dominggus Mandacan sebagai calon tunggal di Pilgub Papua Barat 2024....

    Pemprov PB Launching E-Pace, Pelayanan Publik Kian Mudah dan Terintegrasi

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat me-launching Program E-Pace, Senin (29/4/2024). E-Pace adalah perangkat...