28 C
Manokwari
Senin, April 29, 2024
28 C
Manokwari
More

    Usai Raih UHC Award, Waterpauw Ungkap Obsesi Bangun RSUD di Pegaf

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com– Pemprov Papua Barat dan beberapa kabupaten meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) 2023, Selasa (14/3/2023). Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw mengungkapkan, award ini menunjukkan besarnya konsen pemprov pada sektor pelayanan kesehatan.

    “Kami memiliki concern dan komitmen yang kuat agar masyarakat mudah mendapatkan hak mereka atas pelayanan kesehatan. Raihan UHC ini menjadi bukti pondasi pelayanan itu telah kita bangun dengan baik,” kata Waterpauw, seusai menerima UHC Award, Selasa (14/3/2023).

    Baca juga:  Wabup Teluk Bintuni Resmikan Rumah Restorative Justice Dorong Perdamaian dan Keadilan

    Dia menjelaskan, jika biasanya ada dua fase pelayanan BPJS, yaitu fase administrasi dan satu minggu kemudian- baru mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, maka di Provinsi Papua Barat proses itu bisa dilaksanakan sekaligus. Ia mengilustrasikan, dengan pelaksanaan sekaligus artinya mendaftar hari ini dan bisa langsung berobat.

    Baca juga:  Hadirkan Kesejahteraan, Bupati Hendrik Mambor Harap Jaga Kebersamaan dan Toleransi

    Kata Waterpauw, bukan hanya dari sisi administrasi, Pemerintah Provinsi Papua Barat juga selalu mengawal dan meng-up grade fasilitas penunjang kesehatan (baik bangunan fisik, alat kesehatan), jumlah dan kualitas dokter, serta aksesibilitas penunjang kesehatan lainnya.

    Baca juga:  Kumpulkan Instansi Vertikal, Ali Baham Minta Kolaborasi Bangun Papua Barat

    “Meski demikian, di antara tujuh kabupaten masih ada satu kabupaten yang belum memiliki Rumah Sakit Umum Daerah, yaitu Kabupaten Pegunungan Arfak. Ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama,” Pungkas Gubernur. (LP9/Red)

    Latest articles

    Musrenbang Papua Barat Tetapkan 47 Program Prioritas 2025, Infrastruktur Mendominasi

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemprov Papua Barat mencatat sedikitnya 47 program masuk dalam skala prioritas RKAPD 2025. Dari seluruh program ini, 17 item masuk dalam skala...

    More like this

    Musrenbang Papua Barat Tetapkan 47 Program Prioritas 2025, Infrastruktur Mendominasi

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemprov Papua Barat mencatat sedikitnya 47 program masuk dalam skala prioritas RKAPD...

    Dinas PUPR Evaluasi Progres Proyek DAK di Papua Barat Daya

    SORONG, Linkpapua.com– Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Papua Barat Daya tengah mengevaluasi progres...

    Wamendagri Sebut Pendataan OAP Penting agar Program Tepat Sasaran

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo mengatakan pentingnya pemerintah Provinsi untuk...