29.1 C
Manokwari
Sabtu, Mei 4, 2024
29.1 C
Manokwari
More

    Penyaluran BOK di Puskesmas Pelosok tak Optimal, Dinkes Mansel Sosialisasi Juknis

    Published on

    MANSEL, linkpapua.com- Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari Selatan menggelar sosialisasi petunjuk teknis (juknis) Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dan bimbingan teknis aplikasi salur langsung BNI direct kepada penerima bantuan. Sosialisasi ini guna menjawab problem penyaluran BOK yang terap tak optimal di puskesmas pelosok.

    Sosialisasi dilakukan di Kobrei Jalur II, Selasa (14/3/2023). Sosialisasi dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Yohanis Karubui.

    Baca juga:  Warga Kampung Muari Kini Bisa Berobat di Dokter Praktik dengan BPJS

    Turut hadir dalam kegiatan tersebut, kepala puskesmas dan bendahara puskesmas dari enam distrik di Kabupaten Manokwari Selatan. Hadir pula Kepala Seksi Kefarmasian Dinkes Mansel.

    Yohanis Karubui menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan informasi secara detail terkait mekanisme penyaluran BOK berdasarkan permenkes terbaru.

    Baca juga:  Daya Serap Tenaga Kerja di Papua Barat Naik, BPS: Masih Terdampak Pandemi

    Senada Yohanis, Kepala Seksi Kefarmasian, Narti Sikumbang menuturkan bahwa dengan dilaksanakannya sosialisasi BOK Salur ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di puskesmas secara maksimal. Terutama di puskesmas pesisir.

    “Sebab selanjutnya penginputan BOK salur langsung ke puskesmas melalui bank BNI yang dalam proses realisasinya dengan cara nontunai by user sehingga prosesnya tercatat di dasbord BNI,” jelasnya

    Baca juga:  Prospek UMKM Papua Barat Dinilai Menjanjikan, tapi Butuh Inovasi untuk Bersaing

    Narti mengungkapkan, selama beberapa tahun menangani BOK banyak hal yang terkait pelayanan yang tidak maksimal. Menurutnya, kondisi ini banyak dialami puskesmas wilayah pelosok seperti Distrik Nenei, Isim dan Tahota. (LP6/red) 

    Latest articles

    Cabup dan Cawalkot di Papua Harus Persetujuan MRP, Tunggu Fatwa MA

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Asosiasi Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) menghasilkan dua rekomendasi dalam rapat koordinasi yang digelar di Hotel Mansinam Beach Manokwari, Jumat (3/5/2024). Salah...

    More like this

    Cabup dan Cawalkot di Papua Harus Persetujuan MRP, Tunggu Fatwa MA

    MANOKWARI, linkpapua.com- Asosiasi Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) menghasilkan dua rekomendasi dalam rapat koordinasi...

    Rawat Keberagaman, KB-TK Kemala Bhayangkara 06 Manokwari Gelar Halal bi Halal 

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Keluarga besar Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak (KB-TK) Kemala Bhayangkari 06...

    KPU Manokwari Bersama Forkopimda Bahas Kesiapan Pilkada Serentak 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari menggelar Rapat Koordinasi (Rakor)tahapan pemilihan kepala daerah...