26.7 C
Manokwari
Selasa, April 30, 2024
26.7 C
Manokwari
More

    Kesbangpol Papua Barat Segera Gelar Rakor Bahas Tahapan Rekrutmen MRPB

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Papua Barat segera melaksanakan rapat koordinasi (rakor) guna membahas sejumlah agenda.

    Plt. Kepala Badan Kesbangpol Papua Barat, Edison Ompe, mengatakan salah satu pembahasan dalam rakor bersama kesbangpol kabupaten membahas kesiapan rekrutmen calon anggota Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB).

    Rekrutmen anggota MRPB sendiri, kata dia, sudah siap dilaksanakan di Papua Barat. Pasalnya, saat ini Papua Barat sudah memiliki Perdasi Nomor 8 Tahun 2022 tentang Tata Cara Rekrutmen Anggota MRPB yang nantinya akan diperkuat menggunakan peraturan gubernur (pergub).

    Baca juga:  Terima 12.000 Dosis, Pemprov PB Sasar Vaksinasi Tenaga Pengajar

    “Desember kemarin sudah dilaksanakan sosialisasi di 13 kabupaten/kota terkait tata cara pemilihan. Perdasi tersebut bicara mengenai musyawarah sehingga memberikan rekomendasi untuk adat dan perempuan dan agama ada di provinsi,” ujar Edison kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (16/2/2023).

    Terkait penentuan kursi, kata dia, sudan jelas dalam perdasi bahwa 3/4 dari jumlah anggota DPR. “Jumlah anggota DPR itu ada 35 orang di Papua Barat. Sehingga jika 3/4 dari 35 maka akan ketemu 26,25 kursi maka kota bulatkan menjadi 26 kursi. Ini yang diatur dalam lagi pergubnya,” bebernya.

    Baca juga:  Pemprov Papua Barat Siap Buka Seleksi CPNS 2023, Ada 293 Formasi

    Dia menjelaskan, 26 kursi itu diatur lagi tiap kabupaten (tujuh kabupaten), adat satu, dan perempuan satu. Saat ini tengah disiapkan pergub dan sisa kursinya diberikan ke agama.

    Setelah panitia sudah terbentuk maka sudah pasti akan ada tahapan dan waktu efektif hanya tiga bulan. Dia berharap rakor yang akan dilaksanakan Maret nanti materinya jelas terkait tentang tahapan pemilihan anggota MRPB.

    Baca juga:  Promosi Pangan Lokal, Dinas Ketapang Papua Barat Gelar Lomba Cipta Menu Kreasi

    “Kita harap teman-teman di kabupaten/kota bisa mengikuti. Minggu kedua Maret sudah pengukuhan panitia pemilihan dan panitia pengawas. Kalau ini sudah selesai mereka akan bekerja. Bulan Juni sudah pelantikan anggota MRP yang baru,” ungkapnya.

    Dia berharap agar pergub secepatnya kelar sehingga bisa disosialisasikan saat pelaksanaan rakor mendatang. (LP9/Red)

    Latest articles

    Hibahkan Lahan ke Lapas Manokwari, Bupati Hermus Raih Award Kemenkumham

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indouw, bersama 9 instansi lainnya raih penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly pada upacara peringatan Hari...

    More like this

    NasDem Tunjuk Dominggus Mandacan Calon Tunggal di Pilgub Papua Barat

    MANOKWARI,linkpapua.com- Partai NasDem menunjuk Dominggus Mandacan sebagai calon tunggal di Pilgub Papua Barat 2024....

    Pemprov PB Launching E-Pace, Pelayanan Publik Kian Mudah dan Terintegrasi

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat me-launching Program E-Pace, Senin (29/4/2024). E-Pace adalah perangkat...

    Musrenbang Papua Barat Tetapkan 47 Program Prioritas 2025, Infrastruktur Mendominasi

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemprov Papua Barat mencatat sedikitnya 47 program masuk dalam skala prioritas RKAPD...