26.7 C
Manokwari
Rabu, Mei 8, 2024
26.7 C
Manokwari
More

    Tingkatkan Minat Baca Anak, SD Inpres 54 Oransbari Bangun Taman Baca

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – SD Inpres 54 Muari, Distrik Oransbari, Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), membangun taman baca. Kehadiran taman baca ini diharapkan bisa meningkatkan minat baca anak.

    Kepala SD Inpres 54 Muari, Sukarti, mengatakan taman baca tersebut dapat mengatasi anak-anak yang masih belum lancar membaca.

    “Saya berharap dengan adanya taman baca ini anak-anak lebih semangat lagi dan meningkatkan minat baca siswa dalam membaca buku untuk lebih mengenal dunia luar,” ujar Sukarti saat peresmian taman baca, Selasa (31/1/2023) sore.

    Dia berharap program taman baca menjadi memotivasi sekolah-sekolah lain di Mansel untuk lebih maju dalam bidang pendidikan. Ini sesuai Kurikulum Merdeka yang salah satunya sekolah wajib menerapkan literasi dan numerasi 15 menit sebelum pelajaran dimulai.

    Baca juga:  Alasan Faskar Penuh, Pemkab Manokwari Belum Lakukan Swab Massal

    Program taman baca, kata dia, bisa memanfaatkan lingkungan yang ada di sekolah, seperti di bawah pohon atau memanfaatkan aula yang kosong untuk tempat rak perpustakaan.

    “Taman baca ini terbentuk dari keyakinan bahwa minat baca yang tinggi sangat penting dalam pendidikan anak dan pembentukan karakter anak,” tuturnya.

    Baca juga:  Sambut HUT Ke-58, Golkar Manokwari Adakan Lomba Yospan dan Gaple

    Menurutnya, rendahnya budaya baca dan akses untuk materi bacaan yang baik dan bermutu menjadi faktor utama minat baca anak-anak.

    Sementara, Kepala BPMP Provinsi Papua Barat, Yohnly Edison Sulla, mengapresiasi program pembuatan taman baca di sekolah. Taman baca, kata dia, tidak hanya menyentuh sektor di salah satu sekolah, tetapi juga kebutuhan lainnya.

    “Program ini menunjang juga dalam pembelajaran literasi dan numerasi yang berkaitan dengan Kurikulum Merdeka sesuai anjuran dari Menteri Pendidikan. Mudah-mudahan program semuanya terealisasi, silakan lanjutkan program-program untuk kualitas anak-anak di masa depan karena ini salah satu wujud tugas kita bersama,” bebernya.

    Baca juga:  Penyalahgunaan Dana Desa, Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Penyelenggara Kampung Bakaro

    Dia mengungkapkan, kondisi saat ini memprihatinkan tidak hanya karena rendahnya tingkat literasi, tetapi juga makin kuatnya pengaruh pergaulan buruk ke anak-anak, seperti rokok, minuman keras, video pornografi, tayangan kekerasan, narkoba, dan lainnya.

    “Mendorong taman baca sebagai wadah bagi anak-anak agar memiliki ruang positif untuk menyalurkan energi mereka dengan kegiatan yang bermanfaat, yaitu membaca di taman baca dalam keseharian tiap pagi maupun tiap pulang sekolah,” paparnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    STIKIP Muhammadiyah Manokwari Buka Pendaftaran Maba Gelombang Kedua

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Muhammadiyah Manokwari membuka penerimaan mahasiswa baru (maba) untuk TA 2024/2025. Kampus akan membuka dua...

    More like this

    NasDem Mansel Tutup Penjaringan, 8 Bakal Cabup-Cawabup Bersaing

    MANSEL, LinkPapua.com - DPD NasDem Manokwari Selatan (Mansel) telah menutup pendaftaran penjaringan bakal calon...

    Gemira Papua Barat Wujudkan Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

    MANOKWARI SELATAN, Linkpapua.com-Program makan siang gratis kepada siswa sekolah, rupanya bukan sebatas janji kampanye...

    Imam Syafi’i, Siap Tarung Sebagai Cawabup Mansel

    MANOKWARI SELATAN, Linkpapua.com-Imam Syafi'i digadang-gadang maju dalam kontestasi politik pemilihan kepala daerah di Kabupaten...