26.4 C
Manokwari
Kamis, Mei 9, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Baru Diterapkan, Puluhan PPK Pemprov Papua Barat Ikuti Bimtek E-Purchesing

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah (Setda) Papua Barat menggelar bimbingan teknis (bimtek) kebijakan dan tata cara pelaksana e-purchasing pengadaan barang dan jasa pemerintah pada katalog elektronik lokal lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat.

    Bimtek yang digelar, Kamis (26/1/2023), diikuti puluhan pejabat pembuat komitmen (PPK) lingkup Pemprov Papua Barat.

    Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat diwakili Staf Ahli Gubernur, Niko U. Tike, mengatakan bimtek ini merujuk pada peraturan pemerintah tentang pengadaan barang dan jasa, pembelian dilakukan dengan sistem elektronik.

    Baca juga:  Pangdam Kasuari Dorong Pengembangan Pertanian dan Pengentasan Stunting di Pegaf

    “Bimtek digelar untuk pengadaan barang dan jasa, pembelian secara elektronik. Semoga dengan bimtek ini penyedia dapat memahami penggunaan cara katalok elektronik. Saat ini tuntutan juga menghadapi perekonomian. Presiden (Joko Widodo) telah mengeluarkan kepres guna penggunaan produk dalam negeri untuk ketahanan nasional,” ujar Niko.

    Baca juga:  Waterpauw Komitmen Seriusi Pengembangan Pariwisata Papua Barat

    Niko melanjutkan, e-purchesing salah satu bagian digitalisasi pengadaan barang dan jasa. “Dalam beberapa waktu ke depan akan dikeluarkan kebijakan tentang pengadaan barang dan jasa. Tim Inspektorat akan mengawasi purchesing dan pemberian reward terhadap proses pengadaan barang dan jasa,” ungkapnya.

    Sementara, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Papua Barat, Wempy Mandacan, menjelaskan setelah mengikuti vimtek dapat menerapkan e-purchesing sesuai dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) masing-masing perangkat daerah.

    Baca juga:  DPP REI: Pemerintah Papua Barat Dukung Pengembangan Properti dengan Kemudahan Regulasi

    “Kita hadirkan pemateri dari LKPP RI yang membidangi kebijakan pengadaan barang dan jasa. Sebenarnya, sistem ini sudah lama, tetapi Papua Barat baru membuka e-purchesing pada APBD 2022 sehingga ini merupakan hal yang baru. Dengan begitu, dalam pelaksanaan tidak ada kesulitan dalam menerapkannya,” bebernya. (LP3/Red)

    Latest articles

    Hermus Indou Temui Warga Mansaburi yang Terdampak Banjir Kali Wariori

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Rabu (8/5/2024) menemui puluhan warga kampung Mansaburi distrik Masni yang terdampak banjir kali Wariori. Hermus dihadapan warga menyampaikan...

    More like this

    Dominggus Daftar di Perindo Maju Pilgub PB, Singgung Lawan Kotak Kosong

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Dominggus Mandacan mengantarkan berkas pendaftarannya ke DPW Partai Perindo Papua Barat...

    Sosialisasi Pencaker, Disnakertrans Papua Barat Tunggu Persetujuan Pj Gubernur 

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kependudukan Transmigrasi dan Tenaga Kerja Pemerintah Provinsi Papua Barat Derek...

    Tuntut Pembayaran Gaji, Honorer Palang Gedung DPR Papua Barat

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Puluhan tenaga honorer berunjuk rasa di Gedung DPR Papua Barat, Senin...