27 C
Manokwari
Jumat, Mei 3, 2024
27 C
Manokwari
More

    Saat Waterpauw Terpukau dengan Puisi Sasen Basongan Anak Disabilitas di Manokwari

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Sasen Basongan, seorang anak berkebutuhan khusus tampil memukau saat membawakan puisi di hadapan Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw. Sasen tampil dengan penuh penjiwaan.

    “Selama dunia masih berputar, aku tidak akan berputus asa. Kelemahanku bukanlah hambatan ku,” begitulah penggalan puisi dari Sasen siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Panca Kasih Manokwari, Senin (26/12/2022), usai nonton bareng film “Tegar” di bioskop Manokwari. “Tegar” berkisah tentang seorang anak berkebutuhan khusus.

    Sasen membuat sang purnawirawan jenderal polisi bintang tiga itu menyimak tiap bait puisi yang dibawakannya. Ia membawakan puisi tanpa menggunakan teks.

    Baca juga:  Waterpauw Minta Pengprov PBVSI Terpilih Harus Mandiri Kelola Organisasi

    “Bangkitlah kawanku, peganglah tanganku, satu tekad satu tujuan untuk naik menggapai mimpi bersama,” ucap siswa SLB itu sontak mendapat tepung tangan meriah dari Penjabat Gubernur dan warga yang hadir.

    Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, mengatakan “Tegar” yang bintangi Aldifi Tegarejasa dan aktor Dedy Mizwar itu membuat ia tersentuh. Film ini, kata dia, bisa menjadi motivasi bagi semua orang. Tak hanya bagi disabilitas.

    Baca juga:  Sarana dan SDM Lengkap, RS Rujukan Papua Barat Segera Beroperasi

    “Saya melihat film Tegar itu sangat menyentuh saya, karena itu seorang anak disabilitas yang diangkat dalam cerita itu bagaimana dia mengalami keterbatasan tetapi dia memiliki keunggulan yang luar biasa,” katanya.

    Di sisi lain, Paulus juga menyebut kalangan disabilitas di Papua Barat harus mendapat perhatian dari pemerintah.

    “Saya rencana mengundang saudara-saudara di sekitar Susweni, di Sanggeng dan Wosi untuk menonton film Tegar. Maknanya bagaimana pentingnya belajar tentang kehidupan. Artinya kita yang beruntung (lahir normal) ini melewatkan waktu sesaat saja untuk hal yang membawa kebangkitan bagi kita,” tuturnya.

    Baca juga:  Kapolda Lantik Pengurus Daerah Keluarga Besar Polri Papua Barat

    Ia kemudian mengajak seluruh masyarakat agar bangkit bersama. Sebab, motivasi terbesar berasal dari diri.

    “Saya berharap film ini nanti akan kita putar di kampung-kampung. Kita buat semacam nobar agar memotivasi semua pihak,” ucapnya.

    Nobar “Tegar” dihadiri oleh orang tua dan para kelompok disabilitas di Manokwari. Hadir juga Kapolda Papua Barat, Penjabat Sekda Papua Barat, dan juga sejumlah pimpinan OPD Papua Barat. (LP2/Red)

    Latest articles

    Hermus Indou Daftar di NasDem: Kita Ingin Koalisi Lanjut

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Setelah mendaftar di PAN, Kamis (2/5/2024) Sore Hermus Indou mendatangi DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) untuk mendaftarkan diri dalam menghadapi pilkada November...

    More like this

    NPHD Diteken, Anggaran Pengamanan Pilkada Papua Barat Rp75 Miliar

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere bersama Kapolda Papua Barat Irjen...

    Selama Maret 2024, Hunian Hotel di Papua Barat dan Papua Barat Daya Alami Peningkatan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Barat Merry dalam releasenya Kamis (2/5/2024)...

    Ali Baham Ungkap 2 ‘PR’ Besar untuk Menunjang Mutu Pendidikan di Papua Barat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengungkapkan, ada dua 'PR' besar...