27 C
Manokwari
Minggu, Mei 5, 2024
27 C
Manokwari
More

    Bupati Manokwari Sampaikan Sejumlah Pesan di Hadapan Ketua RT/RW

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, di hadapan ketua RT/RW se-Manokwari berpesan agar peran ketua RT/RW penting dalam sejumlah hal. Salah satunya dalam pembinaan kependudukan.

    “Ketua RT/RW ikut melakukan kependudukan, termasuk mengawasi penduduk yang datang maupun keluar. Sehingga harus tahu jika ada warga baru tujuannya apa, tinggal berapa lama di lingkungan situ. Ini sebagai deteksi awal masyarakat yang datang di wilayah setempat,” ungkap Hermus dalam penyerahan insentif kepada 272 ketua RT dan 81 ketua RW, Selasa (20/12/2022).

    Baca juga:  Polres Manokwari Perkuat Personil Pengamanan PSU

    Dikatakannya, RT/RW juga terlibat dalam pembinaan keamanan setempat. Sehingga tanggung jawab keamanan juga ada di lingkungan setempat, bukan hanya di TNI-Polri.

    “Untuk pembinaan ketertiban dengan sudah adanya perda ketertiban, RT/RW juga ikut berperan. Karena bapak/ibu yang ada di wilayah setempat yang lebih mengetahui wilayahnya,” tambah dia.

    Baca juga:  MUI Papua Barat : Pengurus Masjid Harus Mampu Indentifikasi Aliran Sesat  

    Selain itu, Hermus juga mendorong agar ketua RT/RW berperan dalam mendorong warganya untuk didata dalam retribusi sampah. “Rumah tangga yang belum terdaftar dalam retribusi sampah, harus RT/RW data biar retribusi bisa ditarik. Karena dari kontribusi itu untuk menunjang pengelolaan sampah di Manokwari. Saya prihatin dengan penanganan sampah karena kesadaran masyarakat masih terbatas. Sehingga ke depan kita akan revisi perda Manokwari nol sampah,” tambahnya.

    Baca juga:  Dokter Yoslianto Sarampang; Sepenggal Kisah Mencerdaskan Anak Bangsa di Tanah Sisar Matiti

    Menurutnya, dengan peran serta semua pihak di lingkungan masing-masing, maka daerah tersebut akan maju. Sehingga tidak harus bergantung dari pemda dalam penataan lingkungan sekitar. (LP3/Red)

    Latest articles

    Kapolda Kunjungan Kerja Ke Polres Pegunungan Arfak

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Edizzon Isir, S.I.K., M.T.C.P melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah hukum Polres Pegunungan Arfak, Sabtu (4/5/2024). Dalam kunjungan...

    More like this

    Rawat Keberagaman, KB-TK Kemala Bhayangkara 06 Manokwari Gelar Halal bi Halal 

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Keluarga besar Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak (KB-TK) Kemala Bhayangkari 06...

    KPU Manokwari Bersama Forkopimda Bahas Kesiapan Pilkada Serentak 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari menggelar Rapat Koordinasi (Rakor)tahapan pemilihan kepala daerah...

    Ikaswara Sodorkan 2 Figur Dampingi Hermus Indou di Pilkada 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Jelang konstalasi politik pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 27 November 2024, Ikatan...