26.9 C
Manokwari
Selasa, Mei 7, 2024
26.9 C
Manokwari
More

    Jelang 1 Desember, Ratusan Personel TNI-Polri di Manokwari Diterjunkan

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Ratusan personel gabungan TNI-Polri akan diterjunkan dalam menghadapi 1 Desember yang diidentikkan dengan hari ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM).

    Apel gabungan TNI-Polri dipimpin langsung Kapolres Manokwari, AKBP Parasian Herman Gultom, yang berlangsung di Gedung Olahraga Sanggeng, Rabu (30/11/2022).

    “Apel yang dilaksanakan ini sebagai langkah untuk menghadapi 1 Desember yang kita ketahui bersama merupakan rutinitas tahunan sehingga perlu ada antisipasi,” ujar Gultom.

    Baca juga:  Bagikan Bansos di Kampung Wariki, Polres Mansel Ajak Jaga Kamtibmas

    Dikatakannya, adanya potensi ancaman sehingga pihaknya wajib mengantisipasi gangguan kamtibnas tersebut. Secara tegas pihaknya tidak memberikan izin terhadap kegiatan apa pun yang berkaitan dengan perayaan 1 Desember.

    “Kegiatan-kegiatan yang merupakan perayaan tersebut biasa berbalut dengan kegiatan ibadah. Sampai saat ini belum ada pengajuan kegiatan ke pihak Polres, kalaupun ada tentu tidak akan diizinkan,” kata dia.

    Baca juga:  Jelang Nataru, Bulog Manokwari: Stok Bapok Aman untuk Tiga Bulan ke Depan

    “Tentu yang menjadi sasaran adalah kegiatan yang dilaksanakan maupun tempat-tempat tertentu. Termasuk juga simbol-simbol di tempat umum. Perlu lakukan deteksi dini dan penegakan hukum yang dilaksanakan dengan humanis dan persuasif,” imbuhnya.

    Untuk mencegah tindakan-tindakan yang berlawanan dengan hukum akan dilakukan patroli gabungan yang juga melibatkan unsur Kodam XVIII/Kasuari, Kodim 1801/Manokwari, Fasharkan TNI AL Manokwari, Satuan Brimob Polda Papua Barat, dan Polisi Militer TNI.

    Baca juga:  Polisi: Mayat Perempuan di Pantai BLK Diduga Bunuh Diri Beserta 2 Anaknya

    “Total aparat gabungan yang disiapkan dalam menjaga kamtibmas mencapai 400 personel. Ada juga pasukan yang stand by sehingga total jumlah pasukan 600 personel,” tambahnya.

    Dalam kesempatan ini, Gultom juga meminta agar masyarakat tidak terprovokasi maupun ikut dalam kegiatan-kegiatan dalam peringatan 1 Desember. (LP3/Red)

    Latest articles

    STIKIP Muhammadiyah Manokwari Buka Pendaftaran Maba Gelombang Kedua

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Muhammadiyah Manokwari membuka penerimaan mahasiswa baru (maba) untuk TA 2024/2025. Kampus akan membuka dua...

    More like this

    STIKIP Muhammadiyah Manokwari Buka Pendaftaran Maba Gelombang Kedua

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Muhammadiyah Manokwari membuka penerimaan...

    Daftar di Hanura, Hermus: Kita Harap tak ke Lain Hati

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Manokwari mulai membuka pendaftaran penjaringan calon...

    Syahruddin Makki Layak jadi Cawabup Manokwari: Berdedikasi di Dunia Usaha dan Politik

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Ketua DPW PPP Papua Barat Syahruddin Makki digadang sebagai bakal calon Wakil...