29.2 C
Manokwari
Minggu, April 28, 2024
29.2 C
Manokwari
More

    Hermus Beri Selamat Provinsi PBD, tapi Minta 4 Distrik Dikembalikan ke Manokwari

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com – Bupati Manokwari Hermus Indou menyampaikan ucapan selamat kepada pemerintah dan masyarakat Sorong raya atas disahkannya pembentukan Provinsi Papua Barat Daya (PBD). Hermus menyebut ini adalah buah dari perjuangan rakyat.

    Sebelumnya, pemerintah juga telah memekarkan tiga provinsi baru di Papua. Yakni Papua Pegunungan l, Papua Tengah dan Papua Selatan. Sementara provinsi Papua Barat resmi memekarkan satu provinsi baru yaitu Papua Barat Daya.

    Baca juga:  Pemkab Teluk Bintuni Sosialisasi Permendagri Nomor 1 Tahun 2017 Lintas Distrik

    Hermus berharap, dengan pemekaran PBD, sengketa batas wilayah dan beberapa wilayah adat yang menjadi cakupan wilayah Kabupaten Manokwari berdasarkan undang – undang nomor 12 tahun 1969 juga bisa diakhiri. Ia menyebutkan, setelah Provinsi Papua Barat Daya terbentuk, pemerintah pusat diharapkan memfasilitasi 4 distrik agar segera dikembalikan ke wilayah Manokwari.

    Baca juga:  Soal 4 Distrik di Tambrauw, Kemendagri Akan Bentuk Tim Rekonsiliasi

    “Sebab ini merupakan aset Kabupaten Manokwari. Karenanya harus segera dikembalikan kepada pemerintah Kabupaten Manokwari,” pinta Hermus, Kamis (17/11/2022).

    Ia menjelaskan, dari aspek rentang kendali, 11 distrik yang telah dimekarkan tersebut lebih dekat dengan Manokwari. Jika masuk ke Provinsi Papua Barat Daya itu sangat sulit untuk ke Kota Sorong dan membutuhkan biaya yang mahal.

    Baca juga:  Serahkan Insentif Bagi Pemuka Agama, Hermus Ajak Rawat Toleransi

    Karena itu Hermus meminta agar pemerintah kota Sorong dan Tambrauw bisa memahami hal ini. Ia mengatakan, pengurusan hak wilayah harus diselesaikan secara adat dan hukum berdasarkan perundang-undangan yang berlaku.

    “Itu menjadi keharusan agar wilayah Manokwari bisa dikembalikan,” tutup Hermus. (LP8/Red)

    Latest articles

    PERKARA Gelar Malam Kreativitas di Waisai: Ajang Unjuk Seni-Budaya   

    0
    RAJA AMPAT, Linkpapua.com- Perkumpulan Kreatif Anak Raja Ampat (PERKARA) dan Komunitas Pemuda Kota Waisai, menggelar malam kreativitas di Waisai, Sabtu (27/4/2024). Ajang ini menjadi momen...

    More like this

    PERKARA Gelar Malam Kreativitas di Waisai: Ajang Unjuk Seni-Budaya   

    RAJA AMPAT, Linkpapua.com- Perkumpulan Kreatif Anak Raja Ampat (PERKARA) dan Komunitas Pemuda Kota Waisai,...

    Pantau Kamtibmas, Kapolda Gelar Tatap Muka dengan Masyarakat Maybrat

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Eddizon Isir, S.I.K, M.T.C.P. melaksanakan kunjungan kerja...

    Pasca-Lebaran Harga Kebutuhan Pokok di Manokwari Perlahan Naik

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pasca-Lebaran Idul Fitri harga sejumlah komoditas pangan di Manokwari perlahan merangkak naik....