28.8 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
28.8 C
Manokwari
More

    Panen Raya Jagung, Dandim Teluk Bintuni: Ketersediaan Pangan Bagian dari Pertahanan

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Kodim 1806/Teluk Bintuni menggelar panen raya jagung seluas satu hektare di Kampung Argosigemerai, SP5, Distrik Bintuni Timur, Kamis (17/11/2022). Lahan jagung merupakan satu langkah mempertahankan ketersediaan pangan daerah.

    Dandim 1806/Teluk Bintuni, Letkol Arh. Patrick Arya Bima, berharap panen raya hari ini tidak sekadar seremoni, tetapi mesti berlanjut. Ketahanan pangan, kata dia, juga sudah menjadi atensi Presiden RI, Joko Widodo (Widodo).

    Baca juga:  TMMD ke-111 Teluk Bintuni, Momentum Menyatukan Masyarakat dan TNI

    “Ketersediaan pangan adalah bagian dari pertahanan. Kalau kebutuhan pangan tidak tercukupi, berarti wilayah tersebut juga tidak akan bertahan,” kata Patrick.

    Patrick mengatakan, juga mesti terus digaungkan bahwa bahan pokok makanan bukan hanya nasi, tetapi ada jagung, sagu, ubi, dan pisang.

    Baca juga:  Masyarakat Adat Kecam Bupati Kasihiw, Dinilai Kriminalisasi Pius Nafurbenan

    Di luar itu, Patrick menyampaikan agar pemerintah daerah melalui instansi terkait untuk senantiasa memberikan pendampingan dari penyuluhan pertanian.

    “Saya menitip ke Dinas Pertanian, petani banyak ingin ada pendampingan dari penyuluhan pertanian. Pascatanam dan panen harus diperhatikan. Bagaimana bibit yang bagus agar dijamin, pupuknya juga, dan setelah panen akan diarahkan ke mana,” tuturnya.

    Baca juga:  Bejat, Ayah Tega Setubuhi Anak Kandung di Manokwari

    Sementara, Plt. Kepala Dinas Pertanian Teluk Bintuni, I Wayan Sidia, mengatakan kolaborasi sangat penting untuk mempertahankan pangan daerah.

    “Karena saya baru bergabung di Dinas Pertanian, saya akan segera mengevaluasi bersama Dinas Perindagkop, apa yang dibutuhkan petani kita di Bintuni,” kata dia. (LP5/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...

    Pawai Taaruf Meriahkan MTQ X Teluk Bintuni 2024

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Plt Sekda Kabupaten Teluk Bintuni, Frans N. Awak, melepas pawai...