26.8 C
Manokwari
Jumat, Mei 3, 2024
26.8 C
Manokwari
More

    Launching Kebun Lahan Sumber Pangan, Waterpauw: Jangan Anggap Formalitas, Ini Penting

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat resmi memiliki kebun lahan sumber pangan. Hal ini setelah Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, me-launching kebun lahan sumber pangan di Kampung Susweni, Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari, Kamis (10/11/2022).

    Dengan slogan Pangan Cukup, Kitorang Kuat Papua Barat Aman Indonesia Sehat, Waterpauw pada launching ini menanam bibit tomat, bawang merah, merica, tomat, serta terong.

    Garakan ketahanan pangan, kata dia, merupakan tindak lanjut arahan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) untuk mengantisipasi krisis pangan 2023 dan pengendalian inflasi daerah.

    Baca juga:  5 Daerah di Papua Barat Masih Level 3, Boleh Belajar Tatap Muka

    “Jangan menganggap gerakan ketahanan pangan ini sebagai formalitas biasa, melainkan dengan sungguh-sungguh melakukan upaya memanfaatkan lahan yang ada,” tegas Waterpauw.

    Menurut dia, Papua Barat bukan daerah penghasilan, tetapi mengharapkan dana transfer sehingga Papua Barat dituntut untuk bangkit dan mandiri.

    “Mari kita sungguh-sungguh melakukan upaya dengan memanfaatkan lahan kita yang ada. Karena kita sesungguhnya bukan daerah penghasilan, kita hidup dengan dana transfer, PAD (pendapatan asli daerah) kita tidak punya,” jelasnya.

    Baca juga:  Upacara HUT Kemerdekaan RI Tingkat Papua Barat, Tiga Kabupaten Dapat Penghargaan

    Waterpauw juga mengingatkan bahwa Papua Barat saat ini masih tergantung stok kebutuhan bahan pangan, seperti beras, dari provinsi lain. Hal ini dikhawatirkan apabila terjadi krisis pangan, maka Papua Barat akan kesulitan mendapatkan bahan makanan.

    “Ini penting untuk mengantisipasinya dengan menanam bahan pangan lokal, maupun komoditi padi sawah, sebagai upaya untuk menjawab kebutuhan krisis pangan yang sewaktu-waktu dapat terjadi,” paparnya.

    Baca juga:  Pantau Gudang Bulog, Waterpauw: Bapok Papua Barat Aman Sampai Maret 2023

    Sementara, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Papua Barat, Jacob Fonataba, mengatakan jumlah lahan yang disiapkan untuk lahan tanaman pangan 43 hektare. Namun, saat ini yang di-launching baru seluas empat hektar.

    “Hari ini kita akan tanam di tanah 43 hektar, yang kita akan launching hari ini kurang lebih ada 4 hektar,” sebutnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    Hermus Indou Daftar di NasDem: Kita Ingin Koalisi Lanjut

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Setelah mendaftar di PAN, Kamis (2/5/2024) Sore Hermus Indou mendatangi DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) untuk mendaftarkan diri dalam menghadapi pilkada November...

    More like this

    NPHD Diteken, Anggaran Pengamanan Pilkada Papua Barat Rp75 Miliar

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere bersama Kapolda Papua Barat Irjen...

    Selama Maret 2024, Hunian Hotel di Papua Barat dan Papua Barat Daya Alami Peningkatan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Barat Merry dalam releasenya Kamis (2/5/2024)...

    Ali Baham Ungkap 2 ‘PR’ Besar untuk Menunjang Mutu Pendidikan di Papua Barat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengungkapkan, ada dua 'PR' besar...