27 C
Manokwari
Jumat, Mei 3, 2024
27 C
Manokwari
More

    BEM Unipa Tolak Kedatangan Sekjen Dewan Ketahanan Nasional

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Papua (Unipa) menolak kedatangan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas), Laksamana Madya TNI Hardjo Sasmoro, di kampus itu, Rabu (12/10/2022).

    Mahasiswa yang tergabung dalam BEM dan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Unipa awalnya melakukan negosiasi dengan pihak rektorat dan telah disepakati pembatalan agenda kuliah umum.

    “Tidak ada koordinasi dengan kami teman-teman mahasiswa terkait ada kunjungan pihak ketiga ke Kampus. Kemudian mahasiswa melarang masuknya TNI-Polri di kampus karena adanya otonomi kampus,” kata Ketua BEM Unipa, Yulianca A. Fanataf.

    Para mahasiswa kemudian mendatangi kantor rektorat Unipa setelah mengetahui ada kunjungan silaturahmi Rektor Unipa, Meky Sagrim, dengan Sekjen Wantanas, Pangdam XVIII Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, dan Kapolda Papua Barat, Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga.

    Baca juga:  Pengrusakan dan Penganiayaan Pegawai, Unipa Serahkan Proses Hukum ke Kepolisian

    “Mahasiswa merasa terganggu karena kehadiran pihak keamanan di dalam kampus tanpa pemberitahuan,” ucapnya.

    Sementara, Ketua MPM Unipa, Agus Nahabial, mengatakan kesepakatan antara pihak kampus dengan mahasiswa sudah telah dipatuhi oleh mahasiswa bahwa dibatalkan agenda kuliah umum. Namun, para mahasiswa melihat iring-iringan mobil dengan dikawal patwal menuju kantor rektorat.

    “Sehingga kita datang ke rektorat karena kita sudah pegang dengan janji pihak kampus ternyata ada pertemuan dengan rektorat,” katanya.

    Agus mengatakan, jika pertemuan terjadi di luar kampus, hal itu tidak jadi soal bagi mereka. “Kami menolak hal itu sebab yang datang ataupun yang akan bawa materi adalah pihak militer, yang banyak melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di tanah Papua sejak tahun 1965 hingga sekarang,” tegasnya.

    Baca juga:  Warinussy Puji Langkah Maju Kasus Yayasan Tipari: Ada Titik Terang

    “Yang kami tidak terima dan menolak adalah materi yang hendak dibawa soal keamanan negara. Kami menolak bicara keamanan negara sedangkan masalah di tanah ini belum selesai,” tambahnya.

    Sementara, Rektor Unipa, Meky Sagrim, kepada para mahasiswa usai melakukan pertemuan dengan Sekjen Wantanas dan Pangdam serta Kapolda mengatakan, materi kuliah umum yang hendak dibawakan oleh Sekjen Wantanas mengenai pengelolaan sumber daya laut maritim di kawasan timur.

    Baca juga:  Partai NasDem dan GPN Kota Sorong Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Pasar Baru

    “Jadi, tadi Sekjen Wantanas itu minta bersilaturahmi dengan Rektor. Masa orang minta silaturahmi saja kita tolak? Pak Pangdam pernah berkunjung di Unipa, kalau Kapolda ini, kan, baru pertama,” ungkapnya.

    Dikatakan bahwa silaturahmi dilakukan di lantai empat rektorat. “Dalam pertemuan itu mereka datang katanya pertama datang ke sini, bagaimana keadaan sumber daya alam di tanah Papua yang begitu melimpah, kemudian potensi mahasiswa di sini,” jelasnya.

    Rombongan Sekjen Wantanas keluar dari ruangan rektorat disambut dengan para mahasiswa yang telah menanti sembari terus menyampaikan orasi. (*/Red)

    Latest articles

    Hermus Indou Daftar di NasDem: Kita Ingin Koalisi Lanjut

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Setelah mendaftar di PAN, Kamis (2/5/2024) Sore Hermus Indou mendatangi DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) untuk mendaftarkan diri dalam menghadapi pilkada November...

    More like this

    NPHD Diteken, Anggaran Pengamanan Pilkada Papua Barat Rp75 Miliar

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere bersama Kapolda Papua Barat Irjen...

    Selama Maret 2024, Hunian Hotel di Papua Barat dan Papua Barat Daya Alami Peningkatan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Barat Merry dalam releasenya Kamis (2/5/2024)...

    Ali Baham Ungkap 2 ‘PR’ Besar untuk Menunjang Mutu Pendidikan di Papua Barat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengungkapkan, ada dua 'PR' besar...