26.9 C
Manokwari
Senin, Mei 6, 2024
26.9 C
Manokwari
More

    Pedagang-Nelayan Pasar Ikan Sanggeng Mogok Jualan, Minta Kuota BBM Ditambah

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Pedagang dan nelayan di Pasar Ikan Sanggeng, Kabupaten Manokwari, mogok jualan, Senin (10/10/2022). Sulitnya mendapatkan bahan bahan minyak (BBM) untuk melaut jadi penyebab.

    Warga yang datang ke pasar untuk hendak membeli keperluan pun terpaksa kembali dengan tangan hampa. “Kenapa ditutup, Ibu? Belum buka, kah? kata seorang warga di pintu masuk warga.

    “Tutup. Masih libur. Penjual ikan masih pergi demo di Kantor Bupati,” jawab salah seorang di pasar.

    Baca juga:  Hasil RDP DPRD Manokwari, Sepakat Usulkan Penambahan Kuota BBM

    Marthina Ranuweri, pengepul sekaligus penjual ikan mengaku para pedagang tengah mengadukan kesulitan mendapatkan BBM ke Kantor Bupati dan DPRD Manokwari.

    “Teman-teman masih demo di DPRD dan Kantor Bupati,” ucap Marthina.

    Andre Tuarisa, nelayan yang menjual hasil tangkapan di pasar ini mengaku aspirasi yang dibawa ke pemerintah daerah adalah penambahan kuota BBM.

    Baca juga:  Resmi Dilimpahkan ke Pengadilan, Yan Antoni Segera Jalani Sidang Tipikor

    “Kita ketemu dengan DPRD lalu menyampaikan aspirasi bahwa kuota yang diberikan itu tidak cukup. Perlu ada upaya penambahan yang diusulkan. Kuota BBM di Pertamina melimpah, tetapi di SPBN tidak cukup,” tutur Andre.

    Kepala Pasar Ikan Sanggeng, Elia Mnsen, mengatakan kekurangan kuota BBM berdampak langsung bagi produktivitas para nelayan. “Kalau kuotanya hanya 100 KL sementara jumlah nelayan sekitar 3.000. Ini tidak cukup sehingga nelayan hanya akan turun melaut ketika mendapat BBM,” ucapnya.

    Baca juga:  Kodim 1803/Fakfak Gali Potensi Nasional melalui Komsos Bersama KBT

    Dia juga mengatakan, dengan kuota BBM yang terbatas di SPBN, pihak pengelola hanya bisa menyalurkan BBM dua kali dalam satu pekan.

    Pantauan di lapangan, Senin siang aktivitas pasar mulai kembali normal seiring kembalinya warga nelayan dan pedagang dari aksi di Kantor Bupati dan DPRD Manokwari. (LP2/Red)

    Latest articles

    BPS Catat IKG Papua Barat Tahun 2023 Menurun

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, indeks ketimpangan gender (IKG) pada 2023 di Papua Barat sebesar 0,5367. Angka ini turun dibandingkan tahun 2022 yaitu...

    More like this

    Daftar di Hanura, Hermus: Kita Harap tak ke Lain Hati

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Manokwari mulai membuka pendaftaran penjaringan calon...

    Syahruddin Makki Layak jadi Cawabup Manokwari: Berdedikasi di Dunia Usaha dan Politik

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Ketua DPW PPP Papua Barat Syahruddin Makki digadang sebagai bakal calon Wakil...

    Hermus Indou Hadiri Pembekalan Bacakada PKB, Cak Imin Sampaikan Sejumlah Pesan

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati petahana Manokwari Hermus Indou mengikuti pembekalan Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada)...