29 C
Manokwari
Senin, April 29, 2024
29 C
Manokwari
More

    KontraS Papua Barat Soroti Minimnya Sarpras Pendidikan di SD Inpres Wau Tambrauw

    Published on

    TAMBRAUW, Linkpapua.com – Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Perwakilan Papua Barat menyoroti minimnya sarana dan prasarana (sapras) pendidikan di Sekolah Dasar Instruksi Presiden Nomor 36 (SD Inpres 36) Desa Wau, Distrik Abun, Kabupaten Tambrauw.

    “Tujuh puluh tujuh tahun sudah Indonesia merdeka, tentunya menjadi tanggung jawab negara dan pemerintah sepenuhnya untuk memajukan pendidikan bagi generasi emas bangsa papua. Minim fasilitas sarana dan prasarana pendidikan ini yang jadi sorotan kami di Papua Barat,” ucap Markus Fatem, aktivis KontraS Papua Barat, dalam keterangan persnya, Selasa (6/9/2022).

    Baca juga:  KontraS Dukung Pemberantasan Korupsi di Papua Barat, Tujuh Kasus Jadi Sorotan

    Anggota KontraS Papua Barat itu menyoroti minimnya sarpras, seperti meja, kursi, papan tulis, MCK sekolah, serta rumah guru dan ATK.

    Baca juga:  34 Tersangka Kasus Tambang Emas Ilegal Resmi Dilimpahkan ke Kejari Manokwari

    “Kendala yang dihadapi warga di Desa Wau, yaitu masih minim sarana prasarana pendidikan, termasuk tenaga guru dan perumahan guru,” kata Fatem.

    Menurut Fatem, saat Indonesia dikatakan sebagai negara berkembang dan sejahtera, masih ada warga negara–khususnya di Papua Barat–tidak mendapatkan pelayanan dan akses publik secara layak.

    Baca juga:  Polres Manokwari Identifikasi Penemuan Mayat di Arfai

    “Total jumlah penduduk di Desa Wau ada mencapai 432 jiwa yang dibagi dalam dua kampung, yakni Wau dan Weyah. Mereka sangat kesulitan akses pendidikan dan kesehatan,” ungkap Fatem. (LP2/Red)

     

    Latest articles

    Dinas PUPR Evaluasi Progres Proyek DAK di Papua Barat Daya

    0
    SORONG, Linkpapua.com– Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Papua Barat Daya tengah mengevaluasi progres proyek jalan yang dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Dinas...

    More like this

    Wamendagri Sebut Pendataan OAP Penting agar Program Tepat Sasaran

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo mengatakan pentingnya pemerintah Provinsi untuk...

    Tekan Stunting, Pemprov Papua Barat Salurkan Sembako untuk Tambahan Gizi Balita

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemprov Papua Barat bersama Tim Satgas PPKES berkunjung ke Puskesmas Sangeng, Manokwari,...

    Pemprov PB Minta Persiapan Kedatangan Wamendagri dan Pangdam Kasuari Dimatangkan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat meminta seluruh stakeholder mematangkan persiapan kedatangan Wakil Menteri...