28.6 C
Manokwari
Jumat, Mei 3, 2024
28.6 C
Manokwari
More

    Kemenpan-RB Puji Pelayanan Satlantas Polres Manokwari, Titip Sejumlah “PR”

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI melalui Biro Organisasi dan Tata Laksana Setda Papua Barat melihat langsung pelayanan di Satlantas Polres Manokwari, Selasa (6/9/2022). Ini sebagai tindak lanjut dari penilaian pelayanan lalu lintas di Polres Manokwari.

    Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Setda Papua Barat, Supriyatna Djalimun, menjelaskan pihaknya melakukan penilaian pada unit penyelenggara layanan publik pemerintah daerah maupun kepolisian sesuai arahan Kemenpan-RB.

    Baca juga:  Hermus Dorong Peningkatan Kualitas di Grand Prix Manokwari Choir Competition

    Berdasarkan Permenpan Nomor 29 Tahun 2022, ada enam instrumen penilaian, yakni kebijakan pelayanan publik, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi.

    Dia menilai, ada banyak perubahan sarana prasarana (sarpras) di Satlantas Polres Manokwari yang akhirnya membuat nyaman bagi pengguna layanan.

    “Di Satlantas Polres Manokwari banyak perubahan dari sisi sarana dan prasarana sudah sangat amat baik. Dengan memanfaatkan kondisi ruang kecil, tetapi bisa membuat nyaman bagi pengguna layanan. Karena ketika masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik, maka asumsi mereka terhadap layanan yang diberikan pun akan baik,” ujarnya.

    Baca juga:  64 Kendaraan Terjaring Razia BPTD-Polres Manokwari

    Tak hanya itu, dia juga merekomendasikan kepada unit pelayanan SKCK maupun satlantas di seluruh polres untuk dapat mengadopsi sarpras yang dimiliki Satlantas Polres Manokwari.

    Meski mendapat apresiasi, tetap ada pekerjaan rumah alias “PR” berupa rekomendasi yang harus dibenahi, seperti peningkatan kompetensi SDM serta publikasi informasi pelayanan publik.

    Baca juga:  Pj Gubernur Ali Baham Beberkan Tantangan Berat Papua Barat Menuju Indonesia Emas 2045

    “Hanya perlu ada perbaikan rekomendasi yang tidak banyak, seperti peningkatan kompetensi SDM, publikasi terus update, informasi pelayanan publik harus ditingkatkan,” bebernya.

    Sementara itu, pelayanan SKCK direkomendasikan perbaikan sarpras untuk kenyamanan pelayanan.

    Sementara, Kasat Lantas Polres Manokwari, Iptu Subhan S. Ohoimas, menanggapi rekomendasi yang diajukan evaluator bahwa keterbatasan SDM bukan menjadi alasan untuk meningkatkan pelayanan kepasa masyarakat.

    Keterbatasan SDM itu menjadi motivasi dalam memaksimalkan kualitas pelayanan sesuai standar penilaian Kemenpan-RB. (LP3/Red)

    Latest articles

    Masih Hadapi Gugatan di MK, KPU Manokwari Belum Tetapkan Caleg Terpilih

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sejumlah kabupaten di Papua Barat belum belum bisa melakukan penetapan anggota DPRD Kabupaten terpilih hasil Pemilu 2024. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari...

    More like this

    Masih Hadapi Gugatan di MK, KPU Manokwari Belum Tetapkan Caleg Terpilih

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sejumlah kabupaten di Papua Barat belum belum bisa melakukan penetapan anggota DPRD...

    Hermus Indou Daftar di NasDem: Kita Ingin Koalisi Lanjut

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Setelah mendaftar di PAN, Kamis (2/5/2024) Sore Hermus Indou mendatangi DPD Partai...

    Jelang Pilkada, Hanura Manokwari Bakal Buka Penjaringan Kepala Daerah

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Manokwari akan membuka...