27 C
Manokwari
Selasa, April 30, 2024
27 C
Manokwari
More

    Soal Pemekaran, MRPB: Harus Memperhatikan Wilayah Adat

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Usai melakukan aksi damai di Kantor Gubernur Papua Barat dan DPR Papua Barat, masyarakat suku besar Arfak melanjutkan aksi damai di Kantor MRPB, Senin (5/9/2022). Masyarakat suku besar Arfak menyampaikan aspirasi soal empat distrik.

    Ketua Pokja Agama MRPB, Kelly Duwiri, usai menerima aspirasi masyarakat dari empat distrik, yakni Kebar, Senopi, Mubrani, dan Amberbaken, menyatakan MRPB akan membentuk tim untuk menyikapi persoalan ini.

    Baca juga:  Dominggus Minta Kepala Daerah Sorong Raya Suntik Dana untuk Pemekaran PBD

    “MRPB akan membentuk tim untuk menindaklanjuti aspirasi masyarakat. Dalam waktu dekat aspirasi masyarakat suku besar Arfak yang telah disampaikan akan diantar ke Jakarta untuk meminta supaya Jakarta benar-benar memberikan keputusan pengalokasian suatu wilayah di kabupaten atau provinsi harus melihat masyarakat adat,” ujar Duwiri.

    Duwiri mengatakan, aspirasi ini sudah disampaikan masyarakat beberapa tahun lalu ke MRP jilid I kemudian disampaikan juga di MRPB jilid II sehingga tetap akan diperjuangkan ke pusat.

    Baca juga:  Panja Sebut Keterwakilan Suku Ikut Tentukan Posisi Wakil Ketua 4 DPR PB

    “Tapal batas masyarakat adat itu sebagai kunci sehingga MRPB akan mendukung apa yang disampaikan oleh masyarakat empat distrik agar kembali Manokwari,” ungkapnya.

    Dia melanjutkan, aspirasi pemekaran daerah otonomi baru (DOB) Manokwari Barat mereka sudah sampaikan dua tahun lalu. MRPB pun akan tetap membela orang asli Papua, terutama masyarakat dari Manokwari Barat.

    Baca juga:  Panitia IPMADO Dorong Maba Angkatan 2022 Tunjukkan Prestasi

    Duwiri menegaskan, pihaknya akan bertemu Kemendagri membicarakan hal yang menjadi keinginan masyarakat untuk kembali ke kabupaten induk.

    “Kalaupun ada pemekaran Manokwari Barat mereka tetap kembali ke Papua Barat, tidak masuk Papua Barat Daya,” pungkasnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dukung Pengangkatan Anggota DPRP-DPRK Libatkan Lembaga Adat

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menghadiri launching mekanisme pengangkatan anggota DPRP dan DPRK di Gedung PKK Papua Barat, Selasa (30/4/2024)....

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dukung Pengangkatan Anggota DPRP-DPRK Libatkan Lembaga Adat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menghadiri launching mekanisme pengangkatan anggota...

    Resmi Daftar di PDIP, Dominggus Mandacan Akui Disodori 13 Calon Pendamping

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dominggus Mandacan resmi mendaftar sebagai bakal calon Gubernur Papua Barat lewat PDI...

    Operasi Trisila di Papua-Maluku, TNI AL Kerahkan 5 KRI dan 300 Prajurit

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komando Armada (Koarmada) III TNI Angkatan Laut menyiapkan sejumlah alutsista dan 300...