26.6 C
Manokwari
Jumat, Mei 3, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Dugaan Tipikor Pasar Rakyat Distrik Babo, Kejari Teluk Bintuni Sita Barang Bukti Rp200 Juta

    Published on

    BINTUNI, Linkpapua.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Teluk Bintuni menyita barang bukti Rp200 juta perkara dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) pembangunan pasar rakyat di Distrik Babo tahun anggaran 2018.

    Kepala Kejari Teluk Bintuni, Johny A. Zebua, dalam rilis pers, Rabu (31/8/2022), menjelaskan uang itu merupakan salah satu barang bukti sitaan yang akan dititipkan di salah satu Rekening Penitipan Lainnya (RPL) pada Bank BNI Cabang Teluk Bintuni.

    Baca juga:  Pemkab Manokwari Terima Resmi Pelabuhan Marampa dari Kemenhub RI

    Sebelumnya, Kejari Teluk Bintuni segera melakukan pemanggilan kepada tersangka terkait kasus ini. Setelah proses penyidikan ada empat orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Keempatnya adalah MJ, JB, TR, dan MS. Apabila yang bersangkutan tidak mengindahkan pemanggilan akan dilakukan upaya paksa.

    Baca juga:  Tolak Tindakan Kekerasan dan Anarkisme, Warga Bintuni Gelar Deklarasi Damai

    Sementara itu, hasil perhitungan dari BPKP yang tertuang dalam surat Nomor: SM.123/PB 27/5/2022 tanggal 27 April 2022 perihal laporan hasil audit pekerjaan yang tidak sesuai antara fisik di lapangan dengan kontrak atas pekerjaan pembangunan pasar rakyat Babo Teluk Bintuni mengakibatkan kerugian negara Rp3,035 miliar.

    Dari perkara ini, keempat tersangka akan dikenakan primair pasal 2 ayat (1) jo pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambahkan dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan UU Nomor 31 tentang tidak pidana korupsi juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Subsidair pasal 3 juncto pasal 18 UU Nomor 31. (LP5/Red)

    Latest articles

    Hermus Indou Daftar di NasDem: Kita Ingin Koalisi Lanjut

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Setelah mendaftar di PAN, Kamis (2/5/2024) Sore Hermus Indou mendatangi DPD Partai Nasional Demokrat (Nasdem) untuk mendaftarkan diri dalam menghadapi pilkada November...

    More like this

    NasDem Bintuni Buka Penjaringan Cabup-Cawabup, Jen Fimbay-Imanuel Horna Hari ini Daftar

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Partai NasDem Teluk Bintuni resmi membuka penjaringan calon bupati dan wakil bupati...

    NasDem Bintuni Buka Penjaringan Cabup-Cawabup, Jen Fimbay-Imanuel Horna Hari ini Daftar

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Partai NasDem Teluk Bintuni resmi membuka penjaringan calon bupati dan wakil bupati...

    3 Calon Bupati Teluk Bintuni Mendaftar ke PDI-Perjuangan

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sekretaris DPD PDI-Perjuangan Papua Barat Talimbekas Paulus menyampaikan saat ini sudah ada...