28.3 C
Manokwari
Senin, Mei 6, 2024
28.3 C
Manokwari
More

    Ingatkan Jajaran Soal Serapan APBD, Bupati Manokwari: Jangan Pakai Sistem Kebut Semalam

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, mengingatkan seluruh jajaran perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari untuk mengoptimalkan serapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Orang nomor satu di daerah berjuluk Kota Injil ini juga mewanti-wanti tidak menyalahgunakan anggaran.

    Hermus menekankan itu saat apel gabungan seluruh pegawai, baik aparatus sipil negara (ASN), pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), maupun honorer, Senin (22/8/2022).

    Baca juga:  PH Korban Arisan Tipu-tipu di Manokwari Minta Polisi Segera Tangkap Pelaku

    Hermus dalam arahannya pertama-tama menyampaikan soal kedisiplinan, baik disiplin masuk kantor, disiplin berseragam, maupun menaati segala peraturan. Dia melanjutkan bahwa disiplin juga termasuk dalam penggunaan anggaran.

    “Disiplin menggunakan anggaran berdasarkan sumber pendapatan dan peruntukannya. Jangan pakai untuk hal yang tidak tepat dalam pengelolaan anggaran,” kata Hermus.

    Baca juga:  2024, Bupati Manokwari Ingin Seluruh Transaksi Keuangan Daerah Berbasis Digital

    Dia pun meminta ke seluruh perangkat daerah untuk mengejar serapan anggaran sedari sekarang. “Jangan kita pakai sistem kebut semalam (SKS) di bulan Desember. Termasuk pertanggungjawaban supaya dilaksanakan dari sekarang,” tegasnya.

    Proses pelelangan dan kontrak kerja dengan pihak ketiga, lanjutnya, supaya dipercepat. “Karena kalau kita lambat, ada beberapa dana yang bersumber dari DAK (dana alokasi khusus) akan mengalami pemotongan seperti tahun lalu hampir Rp20 miliar lebih dikembalikan. Kita mengalami kerugian karena uang itu tidak disalurkan,” tuturnya.

    Baca juga:  RDP DPRD Manokwari Bahas Evaluasi Masa Jabatan dan Insentif Ketua RT/RW

    “APBD untuk melayani masyarakat Manokwari. Mari kita prioritaskan untuk Manokwari, jangan gunakan untuk kepentingan lain,” imbuhnya. (LP8/Red)

    Latest articles

    Pj Sekda PB Ultimatum Kepala OPD yang Telat Laporkan Paket Pekerjaan

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Sekda Provinsi Papua Barat Yacob Fonataba mengeluhkan sikap para pimpinan OPD yang belum juga melaporkan progres paket-paket pekerjaan yang telah dijalankan....

    More like this

    Syahruddin Makki Layak jadi Cawabup Manokwari: Berdedikasi di Dunia Usaha dan Politik

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Ketua DPW PPP Papua Barat Syahruddin Makki digadang sebagai bakal calon Wakil...

    Hermus Indou Hadiri Pembekalan Bacakada PKB, Cak Imin Sampaikan Sejumlah Pesan

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati petahana Manokwari Hermus Indou mengikuti pembekalan Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada)...

    Rawat Keberagaman, KB-TK Kemala Bhayangkara 06 Manokwari Gelar Halal bi Halal 

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Keluarga besar Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak (KB-TK) Kemala Bhayangkari 06...