26.8 C
Manokwari
Minggu, Mei 5, 2024
26.8 C
Manokwari
More

    Panen Jagung di Aimas, Pemprov PB Ajak Seluruh Pihak Jaga Stabilitas Ketahanan Pangan

    Published on

    SORONG, Linkpapua.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat bersama Kelompok Tani Milenial Papua Muda Inspiratif Kabupaten Sorong melaksanakan panen jagung yang berlokasi pada kebun Tani Klalufu, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Kamis (11/8/2022).

    Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, melalui Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Melkias Werinussa, mengatakan potensi lahan pertanian di Papua Barat seluas 2,8 juta hektare.

    Baca juga:  Deadline Besok, Tersisa Satu Ranperda Belum Dibahas Bapemperda Papua Barat

    Dengan lahan seluas itu, kata dia, masyarakat seyogyanya dapat merencanakan program dan kegiatan pembangunan pertanian berkelanjutan dengan tetap menjaga kelestarian alam. Hal ini menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) guna mengantisipasi ketersediaan pangan dan menyiapkan bahan baku bagi industri.

    “Pada kesempatan ini pemerintah mengimbau kepada semua pihak agar melakukan berbagai kegiatan antisipasi untuk menjaga stabilitas ketahanan pangan dan perekonomian di Papua Barat. Peran dan fungsi sektor pertanian sangat diandalkan karena menjadi sumber penyedia bahan makanan,” tuturnya.

    Baca juga:  Bertemu Presiden Jokowi, Bupati Manokwari Sampaikan 4 Program Pembangunan Strategis

    Pemerintah pun mengapresiasi para petani, petugas/penyuluh pertanian, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong, yang telah memberikan perhatian. Diharapkan keberhasilan ini dapat menjadi model budi daya tanaman jagung yang baik untuk direplikasi pengembangannya ke daerah lain.

    Baca juga:  Serapan APBD Manokwari Tembus 50 Persen, DAK Masih Tunggu Transfer

    Jagung dinilai sebagai komoditas strategis setelah padi. Selain untuk konsumsi juga dapat menjadi bahan baku Industri pakan ternak.

    Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua Barat juga telah membangun industri pakan ternak mini di Kabupaten Sorong yang dapat dimanfaatkan demi kesejahteraan masyarakat. (LP9/Red)

    Latest articles

    Sosialisasi B2SA di Fakfak, Pj Ketua PKK Papua Barat Tekankan Pola...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat menggelar sosialisasi B2SA bertajuk Goes To School di Kabupaten Fakfak, Sabtu (4/5/2024). Kegiatan ini digelar sebagai...

    More like this

    PFM Desak Kapolda Tindak Tegas Penjual Miras Oplosan di Papua Barat Daya

    MANOKWARI,linkpapua.com-Anggota DPD RI terpilih, Mananwir Paul Finsen Mayor meminta Kapolda Papua Barat menindak tegas...

    SKK Migas-Pertamina Lakukan Tajak Sumur Eksplorasi Buah Merah di Sorong

    SORONG-linkpapua.com- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas bumi (SKK Migas)...

    Pemprov PB Minta Persiapan Kedatangan Wamendagri dan Pangdam Kasuari Dimatangkan

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat meminta seluruh stakeholder mematangkan persiapan kedatangan Wakil Menteri...